Ayo Beramal Melalui Program Donasi JKN-KIS

Written by on December 18, 2018

Tigaraksa(13/12/2018) – Banyak cara untuk beramal. Salah satunya melalui program Donasi JKN-KIS. Mengapa? Karena program Donasi JKN-KIS memberikan kesempatan bagi badan usaha/lembaga/badan lainnya maupun perorangan untuk dapat membantu sesama yang membutuhkan uluran tangan dengan cara didaftarkan dan dibayarkan iurannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Sebenarnya dengan menjadi Peserta JKN-KIS, masyarakat Indonesia tanpa disadari sudah berbuat amal. Oleh karena itu, saat ini BPJS Kesehatan membantu memfasilitasi masyarakat yang ingin berdonasi lebih banyak melalui program Donasi JKN-KIS. Program Donasi JKN-KIS bisa dilakukan oleh perorangan dengan mendaftarkan individu atau keluarga tidak mampu sebagai peserta JKN-KIS dan dibayarkan iurannya di muka selama minimal satu tahun,” ujar Kepala Bidang Perluasan Peserta dan Kepatuhan Cabang Tigaraksa Farhan Ferdiansyah dalam kegiatan Ngopi Bareng JKN di Tangerang, Kamis (13/12).

Selain perorangan, bagi badan usaha, Donasi JKN-KIS dapat disinergikan dengan program Corporate Social Responsibility (CSR) yang mana badan usaha mendaftarkan sejumlah keluarga yang kurang beruntung di lingkungannya menjadi peserta JKN-KIS dan dibayarkan iurannya melalui perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Di wilayah Kabupaten Tangerang, terdapat dua badan usaha yang menandatangani perjanjian kerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa dengan tujuan membantu dan memberikan jaminan kesehatan bagi warga yang membutuhkan, yaitu Optik Internasional Kabupaten Tangerang dan CV Jaya Omega. Donasi JKN-KIS oleh Optik Internasional Kabupaten Tangerang diberikan kepada 100 warga di Kecamatan Panongan, sedangkan oleh CV Jaya Omega diberikan kepada 100 anak binaan di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Al Falah Kabupaten Tangerang. Kedua badan usaha tersebut berkomitmen membayarkan iuran JKN-KIS para peserta selama satu tahun. Keikutsertaan badan usaha ini menjadi salah satu bentuk tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di sekitarnya.

Farhan menambahkan program Donasi JKN-KIS merupakan wujud dari prinsip gotong royong dan keterlibatan masyarakat sebagai bagian dari nasionalisme terhadap kehadiran program negara dan kepedulian kepada sesama demi terwujudnya Indonesia yang lebih sehat. Dengan adanya program Donasi JKN-KIS ini diharapkan bisa membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan jaminan kesehatan dan dibayarkan iurannya.

“Terima kasih dan kami berikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh donatur yang telah berpartisipasi dalam program Donasi JKN-KIS. Semoga melalui uluran tangan donatur ini, semakin banyak masyarakat Indonesia yang terlindungi dan cakupan semesta tahun 2019 terwujud,” kata Farhan. Sampaidengan 1 Desember 2018, jumlah peserta JKN-KIS di Kabupaten Tangerang sebesar 2.299.243 jiwa. Untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada peserta JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Tigaraksa sudah bekerja sama dengan 191 fasilitas kesehatan tingkat pertama (puskesmas, klinik pratama, klinik TNI/POLRI, dan dokter praktik perorangan) dan 19 rumah sakit serta 2 optik.


Current track

Title

Artist