Anak dan Pancasila

Written by on January 30, 2019

Pancasila adalah energi yang menyatukan perbedaan. Ia bukan sekedar kata-kata mati, tetapi nilai-nilai yang hidup, karena memang disaripatikan dari kehidupan sehari-hari warga yang menghuni bentangan Nusantara ini. Pancasila dengan demikian bukan sekedar slogan, tetapi daya hidup yang menggerakkan seluruh warga Indonesia mencapai tujuan.

Begitu pentingnya Pancasila! Tetapi banyak pihak mengabaikan untuk membangun fondasi ini di dalam batin anak-anak kita. Alhasil, Pancasila menjadi diskusi abstrak yang tak terjangkau oleh pemahaman sederhana dari putera-puteri kita, yang hidup di era Youtube dan Instagram.

Sketsa Keluarga Indonesia, program radio yang disiarkan di 17 Radio Heartline Network, edisi hari ini (30/1) mengundang Nyimas Diane Wulansari, seorang motivator anak, yang sedang meluncurkan bukunya berjudul “Ayo Kita Belajar Pancasila”. Buku ini begitu menarik bagi mata anak-anak kita, karena di dalamnya bukan berisi ayat-ayat dan pasal-pasal Pancasila, tetapi gambar-gambar kartun yang berwarna-warni, serta menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh anak-anak.

Buku “Ayo Kita Belajar Pancasila” berisi tentang nilai-nilai dalam Pancasila, mulai dari sila ke-1 sampai sila ke-5 yang disajikan dalam cerita kehidupan sehari-hari agar anak lebih mudah mengerti nilai yang terkandung dalam setiap cerita. Dalam buku ini, anak- anak juga diajarkan bagaimana cara menghargai orang lain, bertoleransi antar suku dan agama, demokrasi di Indonesia, dan berbagai hal positif lainnya.

Buku ini dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan literasi dalam keluarga, khususnya literasi budaya dan kewarganegaraan. Di akhir perbincangan Program Radio Sketsa Keluarga Indonesia, Nyimas Diane berharap agar buku “Ayo Kita Belajar Pancasila” dapat menjadi pedoman bagi setiap keluarga di Indonesia dalam menanamkan nilai-nilai pancasila terhadap anak. (Olivia N)

 

 


Current track

Title

Artist