Heartline Network

1.300 Judul Buku Untuk Anak SD Banjiri Sentani, Papua

Buku adalah jendela dunia, begitulah pepatah yang sering didengungkan. Dengan membaca, kita akan tahu banyak hal. Untuk itulah, semua kalangan harus mendapatkan akses yang sama pada sumber buku.

Hal tersebutlah yang selalu dilakukan oleh Taman Bacaan Pelangi, yang telah menyalurkan lebih dari 1.300 judul buku untuk anak SD YPK Kanda dan SDI Harapan di Sentani, Papua, Sabtu (06/05/17) lalu.

“Kami senang dapat memperkenalkan konsep perpustakaan ramah anak kepada pelaku pendidikan di Sentani, Papua. Semoga kedua perpustakaan ini dapat membawa perubahan positif dan menginspirasi anak-anak untuk berani bermimpi besar,” ungkap Nila Tanzil, Pendiri Taman Bacaan Pelangi.

Pada masing-masing perpustakaan baru yang didirikan oleh Taman Bacaan Pelangi, terdapat lebih dari 1.300 judul buku untuk anak SD. Selain mendirikan perpustakaan anak, taman bacaan ini juga memberikan pelatihan tentang sistem manajemen pespustakaan dan berbagai kegiatan membaca untuk para siswa, serta mengajarkan sistem yang berkesinambungan agar perpustakaan tetap berjalan.

Jenis buku yang dikirimkan adalah buku cerita anak, karena tujuan utama dari perpustakaan yang didirikan oleh taman bacaan ini adalah untuk mengembangkan kebiasaan membaca pada anak, terutama untuk anak-anak yang tinggal didaerah pelosok Indonesia Timur. Hingga tahun 2017, sudah ada 57 perpustakaan yang didirikan Taman Bacaan Pelangi, yang tersebar di 15 pulau di Indonesia Timur.

“Bagi kami, semua anak Indonesia berhak mendapatkan akses buku. Kami juga berterima kasih atas kerja sama dan dukungan yang telah diberikan, dan berharap semakin banyak anak di Indonesia Timur yang mendapatkan akses buku bacaan yang berkualitas,” tandas Nila. 

(Sumber: liputan6.com)

 


Artikel Terkait

Gerakan 1.000 Buku Untuk Banten

Anak-anak adalah penerus bangsa. Penyambung perjuangan bagi bangsa. Lalu apakah kita sudah mempersiakan pendidikan yang cukup bagi para penerus bangsa ini? Ingatlah bahwa setiap kita punya andil un...

KPAI Bantu Pulihkan Kondisi Remaja Korban Persekusi di Cipinang

M (15), remaja yang menjadi korban persekusi atau perburuan oleh sekelompok massa, dievakuasi polisi. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) akan membantu memulihkan kondisi remaja itu.

Komnas PA Khawatir, Anak Mengolok Teman dengan Sebutan Kafir!

Ketua Komisi Perlindungan Anak (Komnas PA) Arist Merdeka Sirait mengungkapkan kekhawatirannya perihal benih-benih kebencian berdasarkan aspek keagamaan yang telah menjamah anak-anak usia dini.

Ribuan Anak Semarang Meriahkan Karnaval Dugderan Ramadan

Ribuan anak di Kota Semarang, Jawa Tengah mengikuti Karnaval Dugderan, yang merupakan acara tahunan menyambut datangnya Ramadan. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Karnaval kali ini mengangkat tema B...

1.300 Judul Buku Untuk Anak SD Banjiri Sentani, Papua

Buku adalah jendela dunia, begitulah pepatah yang sering didengungkan. Dengan membaca, kita akan tahu banyak hal. Untuk itulah, semua kalangan harus mendapatkan akses yang sama pada sumber buku.