Heartline Network

KPAI: Stop Bullying!

Miris benar melihat fenomena buruk yang menimpa anak-anak di Indonesia belakangan ini. Bagaimana tidak, kasus perundungan atau yang lebih akrab disebut bullying ini, kian marak terjadi di lingkungan pendidikan dan lingkungan bermain anak.

Kasus bullying ini cukup membuat geram Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Pasalnya, korban bullying kerap kali memilih untuk melakukan aksi bunuh diri, karena merasa tidak sanggup menghadapi masalahnya.

Untuk itu, KPAI menyerukan agar anak-anak di seluruh Indonesia sadar dan menghentikan perilaku tidak terpuji, yang dapat mengakibatkan maut ini.

“Kepada anak Indonesia, apapun tujuannya, bullying tidak dibenarkan, baik dari sisi agama, nilai etika maupun budaya. Maka anak tidak boleh melakukan bullying kepada teman atau anak lain dalam bentuk apapun,” seru Komisioner KPAI, Susanto.

Jika ada anak yang menjadi korban bullying, bantulah anak untuk mau bercerita kepada orang dewasa, guru,  atau orang tua. Pada dasarnya, anak wajib bercerita bila mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan ataupun memiliki masalah di lingkungan bermainnya. Sehingga orang tua dapat membantu kesulitan yang dialami si korban.

Susanto kembali menghimbau agar korban bullying pun tidak mengambil jalan pintas bunuh diri sebagai solusi permasalahan yang dihadapinya. Untuk itu, orang tua wajib mengingatkan bahwa masih banyak orang yang peduli dan mengasihinya.

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci

 


Artikel Terkait

Radio Heartline Ajak Ortu Mengenal Generasi Milenial

Sadar atau tidak, masa depan anak berawal dari rumah. Pasalnya, keluarga dianggap bertanggung jawab membentuk karakter pertama anak untuk siap terjun bersosialisasi ke masyarakat.

Sayangnya...

How to Communicate With Millenial Generation

Generasi millennial adalah kelompok demografis setelah Generasi X. Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir antara 1980-2000 sebagai generasi mi...

Kemendagri Tegaskan Pembuatan Akta Lahir Anak Gratis

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Selasa (5/9) lalu. Pertemuan kali ini, lebih menyoal tentang masalah akta kelahiran anak.

Da...

Ratusan Peserta Hadir Dalam Seminar Keluarga “Let’s Protect Our Child”

Radio Heartline merupakan radio yang fokus menyoroti berbagai masalah keluarga, khususnya pada perlindungan anak. Kali ini, masih dalam Gerakan Aku Sayang Anak Indonesia, Radio Heartline Tangerang ...

43.873 Anak di Kota Blitar Siap Diimunisasi Campak Rubella

Berkaitan dengan program pemerintah pusat yang menggalakkan imunisasi Measlel Rubella (MR), ada sekitar 43.873 anak di Kota Blitar yang siap menjadi target imunisasi. Selama ini, masyarakat mengena...