Heartline Network

43.873 Anak di Kota Blitar Siap Diimunisasi Campak Rubella

Berkaitan dengan program pemerintah pusat yang menggalakkan imunisasi Measlel Rubella (MR), ada sekitar 43.873 anak di Kota Blitar yang siap menjadi target imunisasi. Selama ini, masyarakat mengenal MR dengan penyakit campak Jerman.

Menurut keterangan dari Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar Ngesti Utomo, selama dua bulan, dinas kesehatan (Dinkes) Kota Blitar akan menggandeng ratusan kader posyandu dan supervisor untuk dapat menjalankan program imunisasi ini secara serentak di wilayah kerjanya.

Adapun kendala yang dihadapinya adalah terbatasnya jumlah tenaga medis di Kota Blitar. Walaupun demikian, Kota Blitar memiliki 3 kecamatan yang berdekatan. Sehingga, Ia optimis bahwa pemenuhan target imunisasi ini akan selesai tepat waktu.

Beliau mengatakan, “Imunisasi campak rubella, tidak hanya untuk warga Kota Blitar. Bagi warga luar Kota Blitar yang menuntut ilmu di Kota Blitar, dapat kesempatan yang sama untuk imunisasi cacar dan rubella. Karena program pemerintah pusat, jadi daerah berkewajiban ikut mensukseskan”.

Program pemerintah ini, akan menargetkan anak-anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Untuk anak usia balita atau yang belum sekolah, akan mendapatkan imunisasi ini di posyandu-posyantu yang tersebar di Kota Blitar. Sementara untuk anak usia sekolah, akan mendapatkan imunisasi di sekolah masing-masing.

Eksekusi pelaksanaan sendiri, selama bulan Agustus 2017 akan berfokus di posyandu. Sementara, pemberian imunisasi di sekolah-sekolah, akan serentah dilakukan pada bulan September 2017.

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Ratusan Peserta Hadir Dalam Seminar Keluarga “Let’s Protect Our Child”

Radio Heartline merupakan radio yang fokus menyoroti berbagai masalah keluarga, khususnya pada perlindungan anak. Kali ini, masih dalam Gerakan Aku Sayang Anak Indonesia, Radio Heartline Tangerang ...

43.873 Anak di Kota Blitar Siap Diimunisasi Campak Rubella

Berkaitan dengan program pemerintah pusat yang menggalakkan imunisasi Measlel Rubella (MR), ada sekitar 43.873 anak di Kota Blitar yang siap menjadi target imunisasi. Selama ini, masyarakat mengena...

KPAI: Stop Bullying!

Miris benar melihat fenomena buruk yang menimpa anak-anak di Indonesia belakangan ini. Bagaimana tidak, kasus perundungan atau yang lebih akrab disebut bullying ini, kian marak terjadi di ...

Fakta Unik Di Peringatan Hari Anak Nasional 2017

Hari Anak Nasional 2017 yang jatuh pada Minggu (23/7) lalu, dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana, di Lapangan Daerah Pauh Janggi, Pekanbaru, Riau.

D...

Menyongsong Hari Anak Nasional 2017 di Riau

Perayaan Hari Anak Nasional 2017, akan dilaksanakan oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak (PPPA) di Riau, pada 23 Juli 2017 mendatang.

Pemilihan Riau sebagai tempa...