Heartline Network

Kemendagri Tegaskan Pembuatan Akta Lahir Anak Gratis

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Selasa (5/9) lalu. Pertemuan kali ini, lebih menyoal tentang masalah akta kelahiran anak.

Dalam kesempatan itu, Tjahjo mengutarakan bahwa program akta kelahiran anak telah berjalan dengan baik dan digratiskan untuk masyarakat Indonesia. Saat bertandang ke Kantor Kemendagri yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Ketua KPAI Susanto menyuarakan bahwa masih terdapat beberapa pihak yang masih memungut biaya dalam pembuatan akta kelahiran.

“Ada beberapa yang perda-nya memungut biaya,” ungkap Susanto.

Dalam kesempatan itu, Susanto juga mengusulkan agar pemerintah dapat menerapkan model layanan masyarakat berbasis kearifan lokal, seperti halnya menjemput akta lahir di kalangan masyarakat.

“Saya kira lebih dari 80 persen soal akta anak telah diselesaikan. Sekarang ini modelnya mulai bidan – perawat, puskesmas, sampai RS bersalin. Begitu melahirkan, langsung dibuatkan,” ungkap Tjahjo.

Sekali lagi, Tjahjo kembali menegaskan bahwa proses pembuatan akta kelahiran anak ini bersifat gratis di seluruh Indonesia. Proses pembuatan ini telah seluruhnya dilaksanakan, namun Ia tak menampik bahwa pihaknya masih menerima beberapa laporan mengenai belum optimalnya proses tersebut.

 

Editor: Irene Leonardi / Heartline Tangerang


Artikel Terkait

Radio Heartline Ajak Ortu Mengenal Generasi Milenial

Sadar atau tidak, masa depan anak berawal dari rumah. Pasalnya, keluarga dianggap bertanggung jawab membentuk karakter pertama anak untuk siap terjun bersosialisasi ke masyarakat.

Sayangnya...

How to Communicate With Millenial Generation

Generasi millennial adalah kelompok demografis setelah Generasi X. Peneliti sosial sering mengelompokkan generasi yang lahir antara 1980-2000 sebagai generasi mi...

Kemendagri Tegaskan Pembuatan Akta Lahir Anak Gratis

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menemui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, Selasa (5/9) lalu. Pertemuan kali ini, lebih menyoal tentang masalah akta kelahiran anak.

Da...

Ratusan Peserta Hadir Dalam Seminar Keluarga “Let’s Protect Our Child”

Radio Heartline merupakan radio yang fokus menyoroti berbagai masalah keluarga, khususnya pada perlindungan anak. Kali ini, masih dalam Gerakan Aku Sayang Anak Indonesia, Radio Heartline Tangerang ...

43.873 Anak di Kota Blitar Siap Diimunisasi Campak Rubella

Berkaitan dengan program pemerintah pusat yang menggalakkan imunisasi Measlel Rubella (MR), ada sekitar 43.873 anak di Kota Blitar yang siap menjadi target imunisasi. Selama ini, masyarakat mengena...