Bagaimana Cara Mendidik Anak yang Baik

Written by on December 14, 2017

Sebagai orang tua, tentu ingin  melihat anaknya tumbuh menjadi seseorang yang sukses. Namun, kesuksesan tersebut hanya dapat dicapai jika sang anak dididik dengan baik, sejak dini. Orang tua harus dapat menuntun, anak agar mendapatkan pengetahuan yang baik dan benar.

Sebagai seorang full time mother, Christina Maria Panjaitan mencoba terus mendampingi dan mendidik anaknya, agar informasi yang didapatkan anaknya dapat dikontrol. Memang tidak mudah untuk menjadi orang tua full time, butuh komitmen dan keikhlasan ungkapnya.

Bagi orang yang terbiasa bekerja, menjadi orang tua full time di rumah untuk mendampingi dan mendidik anak merupakan pilihan yang sangat sulit. Namun, dengan komitmen dan keikhlasan untuk membentuk anak yang berprestasi dan sukses, itulah yang dapat membuatnya mampu menjalaninya dengan sukacita.

Maria mulai mengasah otak anaknya sejak kecil, bahkan sejak sebelum umur enam tahun, ungkapnya. Seperti yang diketahui, saat ini anak-anak dituntut untuk dapat membaca agar dapat masuk sekolah dasar. Namun, untuk mengajari anak-anak membaca itu tidaklah mudah. Anak-anak di bawah enam tahun biasanya belum mengerti apa itu belajar, yang mereka pahami hanya bermain.

Padahal anak-anak di bawah usia enam tahun merupakan fase golden age. Fase di mana anak-anak dapat menyerap segala macam informasi dengan cepat. Untuk menyiasatinya, Maria biasanya menyelipkan pembelajaran lewat permainan.

Maria mengajarkan anaknya berhitung lewat permainan seperti puzzle. Selain itu, dia mencoba menyuruh anaknya untuk mengambilkan batu dengan jumlah tertentu dan ternyata anaknya mengerti berapa banyak batu yang harus diambil.

Ada yang mengatakan bahwa anak di bawah usia satu tahun itu, sebaiknya didengarkan musik-musik klasik dan dibacakan buku. Maria pun pernah melakukan hal tersebut kepada anaknya. Awalnya dia berpikir mengapa tidak ada respon apapun dari si anak, terkesan bahwa tidak ada gunanya membacakan buku ke anak dengan usia itu.

Namun, Maria terus membacakan buku cerita sebelum anaknya tidur saat usia anaknya 8 bulan. Saat anaknya beranjak ke usia 1 tahun, Maria mencoba menyuruh anaknya mengambil buku dengan judul tertentu dan ternyata anaknya mengerti buku mana yang harus dia ambil.

 

Sebenarnya, dari sebelum anak bisa berbicara, otaknya sudah dapat menyerap banyak hal. Segala sesuatu yang kita katakan, dapat masuk ke memori otaknya dan dia akan paham. Anak usia di bawah 3 tahun juga merekam segala sesuatu di alam bawah sadarnya. Karena itu, kita harus dapat mengontrol kata-kata dan perilaku kita di depan anak.

Meski sekarang semuanya sudah serba gadget, orang tua sebaiknya tetap mengawasi dan mendampingi sang anak saat menggunakan gadget. Banyak yang mengatakan bahwa anak-anak sebaiknya jangan diberikan gadget. Menurut Maria, sebenarnya anak-anak dapat belajar banyak hal melalui gadget.

Namun, selama anak menggunakan gadget, orang tua harus mendampingi, pesannya. Kalau bisa, lakukan interaksi selama anak-anak menggunakan gadget. Medium apa pun dapat digunakan untuk mendidik anak-anak, tetapi tetap harus ada pendampingan dan interaksi.

Penggunaan media juga sebaiknya didampingi oleh orang tua. Kalau anak sudah memiliki dasar yang kuat, seharusnya orang tua tidak perlu takut. Karena itu, penting untuk orang tua memberikan nilai-nilai baik pada anak sejak kecil. Namun, jangan langsung melepas begitu saja, anak-anak tetap perlu didampingi dalam penggunaan media.

Sebagai orang tua, menurut Maria, jangan mengharapkan anak paham akan apa yang orang tuanya inginkan. Kita sebagi orang tua yang harus paham akan apa kebutuhan anak dan bagaimana mendidik sesuai dengan karakternya.

 

Mari dengarkan pengalaman mengasuh anak di Program Parents’ Story

Setiap hari Jum’at, pukul 16.00-16.30 WIB

Hanya di 100,6 Heartline Fm!

Apps: Heartline – Karawaci

Live streaming: www.heartline.co.id

Youtube & Soundcloud: Heartline Network

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist