Heartline Network

Enam Kesalahan Makan yang Harus Dihindari Saat Berbuka Puasa

Puasa memang memiliki banyak manfaat, baik untuk spiritual maupun kesehatan. Salah satunya adalah menurunkan gula darah yang tinggi. Tubuh akan membantu memangkas tingginya gula darah selama puasa.

Bukan cuma itu, puasa juga kerap digunakan banyak orang untuk menurunkan berat badan. Sedangkan yang lainnya memanfaatkan puasa juga untuk menurunkan tingkat kolesterolnya.

Sayangnya, seringkali semua tujuan dan manfaat kesehatan itu pada akhirnya hanya jadi isapan jempol belaka. Banyak orang yang berpuasa sulit untuk mengendalikan nafsu makannya saat sudah berbuka.

Untuk memaksimalkan manfaat kesehatan yang didapat dari puasa, ada beberapa kesalahan saat bersantap yang harus dihindari.

1. Terlalu banyak minum manis
Mungkin Anda beranggapan kalau minum-minuman manis akan membantu mengembalikan tenaga. Jika dikonsumsi dalam jumlah tepat, tentunya minuman ini akan bermanfaat untuk tubuh.

Sebaliknya, jika dikonsumsi berlebihan, justru akan membahayakan. Minumlah secukupnya.

2. Terlalu banyak minum air putih
Seringkali orang beranggapan setelah buka puasa mereka harus minum air sebanyak-banyaknya untuk menghilangkan haus.

Namun kenyataannya, minum terlalu banyak air justru tak baik karena akan membuat perut terlalu penuh, mual, dan lainnya. Minumlah secukupnya.

3. Jangan buru-buru olahraga
Jangan buru-buru olahraga di gym sesaat setelah berbuka. Sisihkan waktu setidaknya dua jam setelah berbuka untuk mengizinkan tubuh mencerna makanan.

Anda juga bisa olahraga setelah menunaikan salat tarawih.

4. Buru-buru kunyah makanan
Satu kesalahan yang kerap dilakukan saat berbuka adalah mengunyah dan menelan makanan terlalu cepat dalam kondisi yang masih kasar.

Selama puasa, perut pasti kosong sehingga pencernaan bekerja lebih lambat. Jika saat berbuka, Anda mengunyah makanan terlalu cepat dan menelannya dalam bentuk kasar, maka pencernaan harus bekerja ekstra untuk mencerna makanan Anda. Kunyah perlahan sampai lembut, jangan terburu-buru.

5. Langsung makan dessert
Langsung menyantap dessert mungkin akan terasa nikmat dan menyenangkan. Namun kenyataannya, langsung makan dessert saat berbuka justru akan membuat Anda merasa ngantuk. Beri jarak setidaknya dua jam setelah berbuka sebelum menikmati dessert.

6. Makan makanan asin
Mengutip Boldsky, menyantap makanan yang gurih dan asin akan membuat Anda merasa mudah haus. Sebaiknya makanlah pisang yang mengandung potassium dan mampu mengontrol rasa haus.

 

Sumber: www.cnnindonesia.com


Artikel Terkait

Tips Tetap Aman Selama Mudik Saat Berpuasa

Durasi perjalanan mudik lebaran, bisa jadi tidak akan sesuai target yang diharapkan. Apalagi dengan waktu keberangkatan yang mendekati hari raya, bahkan waktu tempuh dapat bertambah menjadi dua hin...

Alasan Minum Teh Saat Sahur Tidak Dianjurkan Para Ahli

Teh manis hangat seakan menjadi jenis minuman yang erat dengan masyarakat Indonesia. Di bulan Ramadan, minuman ini pun semakin akrab disajikan saat berbuka puasa maupun sahur.

Nam...

Berbuka Puasa dengan Cincau, Segudang Manfaatnya

Minuman manis nan segar menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk menjadi pelepas dahaga di siang hari atau setelah berpuasa. Beragam jenis minuman manis menjadi pilihan, salah satunya es cincau. ...

Pentingnya Mewaspadai Kandungan Pestisida di Buah dan Sayur

Selain memperhatikan kesegaran dan kemulusan bentuk dari sayur dan buah-buahan, ada hal lain yang tak kalah penting yang harus diperhatikan saat membeli sayur dan buah-buahan. Hindari buah atau say...

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan

Aktivitas yang segudang dan tugas kerja yang menumpuk membuat seseorang semakin kewalahan untuk menjaga kestabilan tubuhnya sehingga kebanyakan orang melampiaskannya dengan makan yang berlebihan da...