Heartline Network

Berbuka Puasa dengan Cincau, Segudang Manfaatnya

Minuman manis nan segar menjadi favorit masyarakat Indonesia untuk menjadi pelepas dahaga di siang hari atau setelah berpuasa. Beragam jenis minuman manis menjadi pilihan, salah satunya es cincau. Es cincau biasanya ditambahkan cairan gula merah dan santan sehingga memberikan rasa manis dan lezat.

Es cincau disukai karena rasanya yang enak, manis, menyegarkan sekaligus mengenyangkan. Namun, siapa sangka dibalik nikmat dan segarnya es cincau yang biasa kita konsumsi untuk pelepas dahaga ini ternyata memiliki berbagai manfaat tersembunyi.

Berbagai manfaat pengobatan dan pencegahan penyakit dapat kita dapatkan dari konsumsi cincau hijau. Selain mampu meredakan panas dalam, sembelit, perut kembung, demam, dan diare, penelitian menunjukkan bahwa daun cincau hijau yang merupakan bahan baku utama dari olahan cincau hijau memiliki kandungan polifenol dan flavonoid yang dikenal sebagai antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas bagi tubuh.

Cincau juga mengandung alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S,S-tentradine yang berkhasiat mencegah kanker pada ginjal, antiradang, dan menurunkan tekanan darah. Senyawa lain yang terdapat pada daun cincau hijau seperti isokandrodendrin dipercaya mampu mencegah sel tumor ganas. Konsumsi cincau hijau oleh orang yang sedang menjalani diet juga sangat baik karena cincau rendah kalori, namun tinggi serat.

Manfaat-manfaat di atas menunjukkan bahwa konsumsi cincau hijau sebagai pelepas dahaga atau setelah berbuka selama bulan ramadhan menjadi alternatif penganan berbuka yang menyegarkan sekaligus kaya manfaat.

Sumber: www.cnnindonesia.com

 


Artikel Terkait

Mitos / Fakta, Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat?

Asupan nutrisi pada ibu hamil, memang selayaknya diperhatikan, agar selalu tercukupi. Namun, benarkah mitos yang beredar dimasyarakat, bahwa ibu hamil harus makan sebanyak dua kali lipat?

B...

Berusia 105 Tahun, Terungkap Sudah Rahasia Panjang Umur Dokter Asal Jepang Ini

Sosok inspiratif asal Jepang yang satu ini, sudah sangat terkenal di Jepang. Pasalnya dr Shigeaki Hinohara yang merupakan lulusan St. Luke’s International University, kini berusia 105 tahun, ...

Pentingnya Menaikan Batas Usia Perkawinan Perempuan

Koalisi Perempuan Indonesia kembali meyerukan agar pemerintah segera menaikan batas usia perkawinan perempuan. Pasalnya, batas usia pernikahan minimal di Indonesia saat ini, yakni 16 tahun, dinilai...

MITOS / FAKTA : Konsumsi Buah Saat Perut Kosong Lebih Menyehatkan

Jika orang barat terbiasa untuk mengkonsumsi buah saat sarapan pagi, lain halnya dengan kebiasaan orang timur. Orang timur cenderung tidak mau mengkonsumsi buah di pagi hari atau saat perut kosong,...

Berbagai Penyebab Sakit Pinggang

Kondisi sakit pinggang atau low back pain adalah kondisi yang lazim yang dapat dialami semua orang. Banyak penyebab terjadinya sakit pinggang, namun biasanya kondisi ini dapat reda dengan ...