Heartline Network

Berbagai Penyebab Sakit Pinggang

Kondisi sakit pinggang atau low back pain adalah kondisi yang lazim yang dapat dialami semua orang. Banyak penyebab terjadinya sakit pinggang, namun biasanya kondisi ini dapat reda dengan sendirinya.

Dr dr Luthfi Gatam, SpOT(K) menjelaskan bahwa sekitar 98% kasus nyeri pinggang yang terjadi disebabkan oleh masalah tulang belakang (spondylogenic), diantaranya dapat terjadi karena: cedera akibat mengangkat beban yang terlampau berat, melakukan gerakan yang tiba-tiba, ataupun faktor usia.

Beliau menceritakan bahwa, orang yang berbobot lebih dari 60 kg, dalam  hidupnya pasti pernah mengalami back pain.

Terdapat juga kasus cedera tulang belakang yang lebih serius, dimana rasa nyeri pada pinggang tidak kunjung sembuh, dan merambat ke kaki.

Pada kasus tersebut, biasanya ada saraf tulang belakang yang terjepit. Sehingga diperlukan operasi untuk melepaskan saraf tersebut sebagai penanganan.

Sementara itu, dua persen penyebab dari nyeri pinggang dapat terjadi akibat masalah pada organ dalam, hingga masalah psikis.

Luthfi memaparkan bahwa organ ginjal, rahim, empedu, ataupun pembuluh darah, dapat turut berperan menyebabkan nyeri pinggang. Pasalnya, pembuluh darah pada orang tua banyak mengalami sumbatan, sehingga riskan terjadi nyeri.

Selain itu, nyeri pinggang dapat juga terjadi akibat masalah psikogenik juga. Kondisi dimana orang merasa takut dan depresi. Ototnya lama-kelamaan spasme, oksigen berkurang, hingga akhirnya rawan terjadi cedera.

*Berbagai sumber

 

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Kehamilan Beresiko Tinggi

Kehamilan beresiko adalah kehamilan yang memiliki resiko tinggi terhadap meninggalnya calon bayi / ibu, resiko melahirkan bayi yang cacat, ataupun terjadi komplikasi kehamilan yang lebih besar bila...

Apa itu Hernia?

Hernia atau yang lebih dikenal dengan turun berok adalah kondisi yang terjadi ketika bagian dari organ atau jaringan seperti bagian dari usus menonjol ke daerah-daerah yang tidak biasa. Bagian orga...

Mengenal Mimisan

Pernahkah Anda merasakan ada sesuatu yang mengalir dari dalam hidung dan terasa amis atau asing? Jika pernah, maka Anda mengalami mimisan.

Mimisan atau yang dikenal dengan nama lainnya Epis...

Campak pada Anak

Banyak mitos mengatakan, jika anak terkena campak ia tidak diperbolehkan untuk mandi. Apakah mitos ini benar? Apa sebenarnya penyakit campak itu? Apa perbedaannya dengan penyakit rubella? Untuk itu...

Amankah Menggunakan Lensa Kontak?

Fungsi mata secara umum adalah organ penglihatan yang bertugas mendeteksi cahaya untuk memberikan pengertian visual. Mata manusia memiliki cara kerja otomatis yang sempurna, mata dibentuk dengan 40...