Heartline Network

Berbagai Penyebab Sakit Pinggang

Kondisi sakit pinggang atau low back pain adalah kondisi yang lazim yang dapat dialami semua orang. Banyak penyebab terjadinya sakit pinggang, namun biasanya kondisi ini dapat reda dengan sendirinya.

Dr dr Luthfi Gatam, SpOT(K) menjelaskan bahwa sekitar 98% kasus nyeri pinggang yang terjadi disebabkan oleh masalah tulang belakang (spondylogenic), diantaranya dapat terjadi karena: cedera akibat mengangkat beban yang terlampau berat, melakukan gerakan yang tiba-tiba, ataupun faktor usia.

Beliau menceritakan bahwa, orang yang berbobot lebih dari 60 kg, dalam  hidupnya pasti pernah mengalami back pain.

Terdapat juga kasus cedera tulang belakang yang lebih serius, dimana rasa nyeri pada pinggang tidak kunjung sembuh, dan merambat ke kaki.

Pada kasus tersebut, biasanya ada saraf tulang belakang yang terjepit. Sehingga diperlukan operasi untuk melepaskan saraf tersebut sebagai penanganan.

Sementara itu, dua persen penyebab dari nyeri pinggang dapat terjadi akibat masalah pada organ dalam, hingga masalah psikis.

Luthfi memaparkan bahwa organ ginjal, rahim, empedu, ataupun pembuluh darah, dapat turut berperan menyebabkan nyeri pinggang. Pasalnya, pembuluh darah pada orang tua banyak mengalami sumbatan, sehingga riskan terjadi nyeri.

Selain itu, nyeri pinggang dapat juga terjadi akibat masalah psikogenik juga. Kondisi dimana orang merasa takut dan depresi. Ototnya lama-kelamaan spasme, oksigen berkurang, hingga akhirnya rawan terjadi cedera.

*Berbagai sumber

 

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Kenali Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut dikenal dengan istilah alopesia. Kondisi penurunan jumlah rambut pada kulit kepala ini pasti pernah dialami sebagian besar orang.

Kerontokan rambut dikatakan norm...

Fakta Antara Narkoba dan Remaja

Secara statistik, satu dari empat remaja di dunia telah menyalahgunakan atau disalahgunakan dengan obat resep. Yang diantaranya merupakan, pain killer (6%) dan nipam atau yang biasa disebu...

Susah Turunkan Berat Badan? Olahraga Ini Saja Yuk, Ladies!

Perempuan biasanya lebih concern dengan angka-angka, khususnya angka timbangan berat badan. Maka, tidaklah mengherankan bila sebagian besar perempuan, pasti pernah melakukan diet untuk men...

Usir Nyeri Otot Usai Lomba 17-an Dengan Makan Ini

Momentum kemeriahan hari kemerdekaan Indonesia boleh dinikmati oleh siapa saja. Berbagai perayaan perlombaan yang Anda atau keluarga ikuti, memang sangat berkesan membawa keceriaan. Namun, nyeri ot...

Mitos / Fakta, Ibu Hamil Harus Makan Dua Kali Lipat?

Asupan nutrisi pada ibu hamil, memang selayaknya diperhatikan, agar selalu tercukupi. Namun, benarkah mitos yang beredar dimasyarakat, bahwa ibu hamil harus makan sebanyak dua kali lipat?

B...