Heartline Network

Berusia 105 Tahun, Terungkap Sudah Rahasia Panjang Umur Dokter Asal Jepang Ini

Sosok inspiratif asal Jepang yang satu ini, sudah sangat terkenal di Jepang. Pasalnya dr Shigeaki Hinohara yang merupakan lulusan St. Luke’s International University, kini berusia 105 tahun, dan tetap aktif beraktifitas.

Shigeaki dikenal dengan konsep “Human Dry Dock”, yaitu temuannya di bidang kesehatan. Temuan ini menjelaskan tentang konsep meningkatkan angka harapan hidup manusia.

Temuannya, memang membuat banyak orang penasaran untuk mengetahuinya, terlebih pencetusnya berhasil membuktikan bahwa Ia sendiri tetap sehat dan aktif diusia 105 tahun.

Ternyata, inilah rahasianya:

  • Bersenang-senang

Shigeaki menyatakan bahwa manusia terlalu mengkhawatirkan kehidupannya dalam segala hal. Pikiran-pikiran negative memang diketahui akan mempengaruhi kesehatan manusi. Untuk itu Shigeaki menyarankan agar orang dewasa dapat bergembira setiap saat, layaknya anak-anak yang tidak pusing memikirkan hari esok.

  • Mempertahankan berat badan ideal

Shigeaki pun ternyata selalu mempertahankan berat badan idealnya di angka 58 kilogram. Ia pun ternyata merancang sendiri pola makannya. Di pagi hari, Shigeaki terbiasa sarapan dengan secangkir kopi, segelas susu, segelas jus jeruk, dan ditambah dengan beberapa sendok minyak zaitun, yang diklain baik untuk kesehatan arteri dan kulit. Untuk di siang hari (meski kadang terlewatkan), Shigeaki memilih untuk mengkonsumsi beberapa keping kue kering dan segelas susu. Sementara di malam hari, Ia memilih makan nasi, sayuran, dan ikan dalam porsi kecil saja.

  • Jalan kaki

Untuk mendapatkan tubuh yang tetap aktif bergerak, Shigeaki cukup disiplin untuk berjalan kaki 2.000 langkah setiap harinya. Ia menuturkan bahwa hal ini selalu dilakukan, untuk memastikan ototnya tetap aktif bergerak.

  • Tidak pensiun dini

Dengan tetap bekerja, Anda memastikan bahwa otak dan tubuh Anda akan selalu berfungsi aktif. Shigeaki bahkan menganjurkan, agar para lansia yang berumur lebih dari 65 tahun untuk dapat tetap bakerja.

 

Editor: Irene Leonardi / Heartline Tangerang


Artikel Terkait

Management Lansia Sakit, Identifikasi dan Penanganan

Kesehatan sangatlah penting bagi manusia, apalagi ketika sudah berusia lanjut atau yang di sebut sebagai lansia. Tentu daya tahan tubuh mulai menurun dan organ-organ mulai tidak bisa beker...

Memahami Demam Berdarah Dengue

Menuju penghujung bulan Oktober, cuaca semakin tidak menentu. Saat siang hari cuaca bisa sangat panas, sedangkan pada malam hari dapat berubah menjadi hujan deras. Perubahan cuaca yang signifikan d...

Kenali Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut dikenal dengan istilah alopesia. Kondisi penurunan jumlah rambut pada kulit kepala ini pasti pernah dialami sebagian besar orang.

Kerontokan rambut dikatakan norm...

Fakta Antara Narkoba dan Remaja

Secara statistik, satu dari empat remaja di dunia telah menyalahgunakan atau disalahgunakan dengan obat resep. Yang diantaranya merupakan, pain killer (6%) dan nipam atau yang biasa disebu...

Susah Turunkan Berat Badan? Olahraga Ini Saja Yuk, Ladies!

Perempuan biasanya lebih concern dengan angka-angka, khususnya angka timbangan berat badan. Maka, tidaklah mengherankan bila sebagian besar perempuan, pasti pernah melakukan diet untuk men...