Heartline Network

Susah Turunkan Berat Badan? Olahraga Ini Saja Yuk, Ladies!

Perempuan biasanya lebih concern dengan angka-angka, khususnya angka timbangan berat badan. Maka, tidaklah mengherankan bila sebagian besar perempuan, pasti pernah melakukan diet untuk menurunkan berat badannya.

Ada satu olahraga yang didapuk efektif dan berguna untuk program penurunan berat badan perempuan. Olahraga ini terbilang identik dengan permainan anak yang menyenangkan. Yah, lompat tali! Lompat tali alias skipping merupakan olahraga yang menyehatkan dan dapat membentuk tubuh loh.

Berikut beberapa manfaat dari berolahraga lompat tali:

  • Bakar lemak tubuh

Olahraga ini baik bagi kaum perempuan yang bertujuan menurunkan berat badan. Pasalnya, rutin olahraga lompat tali selama 30 menit setiap hari, dapat membakar 300 kalori (lebih banyak daripada lari atau jogging).

  • Meningkatkan sirkulasi darah

Olahraga ini bermanfaat untuk sirkulasi darah pada jantung dan pembuluh darah. Jantung akan memompa darah lebih cepat, sehingga aliran darah akan lebih lancar.

  • Meningkatkan kepadatan tulang

Gerakan melompat bermanfaat untuk menstimulasi dan menguatkan tulang. Namun, perempuan yang sedang menstruasi dan hamil dilarang untuk melakukan olahraga ini. Pasalnya, ligamen di sekitar uterus pada perempuan hamil atau yang sedang mengalami menstruasi, sedang dalam kondisi lemah.

  • Membentuk otot

Siapa bilang perempuan tidak perlu membentuk otot? Faktanya, otot mampu membakar cadangan energi lebih banyak. Dengan rutin berolahraga lompat tali, otot akan semakin cepat terbentuk, serta dapat menghindarkan diri dari gejala otot yang kurang aktif, seperti kram dan kesemutan.

  • Baik untuk otak

Lompat tali tak hanya baik untuk melatih otot saja, tetapi juga dapat melatih otak. Sehingga dengan rutin melakukan lompat tali, Anda akan mendapatkan fisik yang sehat serta kemampuan otak yang lebih baik.

 

Editor: Irene Leonardi / Heartline Tangerang

 


Artikel Terkait

Management Lansia Sakit, Identifikasi dan Penanganan

Kesehatan sangatlah penting bagi manusia, apalagi ketika sudah berusia lanjut atau yang di sebut sebagai lansia. Tentu daya tahan tubuh mulai menurun dan organ-organ mulai tidak bisa beker...

Memahami Demam Berdarah Dengue

Menuju penghujung bulan Oktober, cuaca semakin tidak menentu. Saat siang hari cuaca bisa sangat panas, sedangkan pada malam hari dapat berubah menjadi hujan deras. Perubahan cuaca yang signifikan d...

Kenali Penyebab Rambut Rontok

Kerontokan rambut dikenal dengan istilah alopesia. Kondisi penurunan jumlah rambut pada kulit kepala ini pasti pernah dialami sebagian besar orang.

Kerontokan rambut dikatakan norm...

Fakta Antara Narkoba dan Remaja

Secara statistik, satu dari empat remaja di dunia telah menyalahgunakan atau disalahgunakan dengan obat resep. Yang diantaranya merupakan, pain killer (6%) dan nipam atau yang biasa disebu...

Susah Turunkan Berat Badan? Olahraga Ini Saja Yuk, Ladies!

Perempuan biasanya lebih concern dengan angka-angka, khususnya angka timbangan berat badan. Maka, tidaklah mengherankan bila sebagian besar perempuan, pasti pernah melakukan diet untuk men...