Heartline Network

Mengenal Mimisan

Pernahkah Anda merasakan ada sesuatu yang mengalir dari dalam hidung dan terasa amis atau asing? Jika pernah, maka Anda mengalami mimisan.

Mimisan atau yang dikenal dengan nama lainnya Epistaxis adalah pendaharan yang terjadi dari hidung. Darah yang mengalir dapat dari satu lubang hidung saja, atau bisa juga dari kedua lubang hidung. Durasinya pun berbeda-beda, ada yang hanya beberapa detik, dan ada juga yang lebih dari 10 menit.

Mimisan dapat dialami oleh semua kalangan usia. Namun ada beberapa kelompok orang yang memiliki resiko tinggi untuk mengalami mimisan, yaitu anak-anak berusia 2 hingga 10 tahun, lansia, ibu hamil, orang yang sering mengonsumsi obat pengencer darah ( seperti aspirin) dan juga obat antikoagulan, serta orang yang mengidap kelainan darah ( seperti hemofilia ).

Melihat seberapa penting kondisi mimisan ini, Radio Heartline Tangerang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Siloam, membahasnya melalui Program Dokter Menjawab. Pada edisi Jumat, 10  november  2017 yang lalu.

dr. Pulo Raja S. Banjarnahor, SpTHT mengatakan bahwa dinding dalam hidung manusia memiliki banyak pembuluh darah halus yang terletak mendekati kulit, sehingga mudah rusak. Ada beberapa gejala mimisan yang harus di waspadai. Walau pun ini bukan merupakan kondisi yang berbahaya, tapi juga harus diwaspadai, karena mimisan bisa saja mengindikasikan adanya penyakit-penyakit tertentu.

Beberapa indikasi dari mimisan yang sebaiknya diwaspadai adalah mimisan yang berlangsung selama lebih dari 30 menit, mimisan yang terjadi pada anak-anak yang berusia di bawah 2 tahun, mimisan dengan volume darah yang banyak, mimisan yang terjadi setelah operasi di daerah hidung atau sinus, sering mimisan namun dalam waktu yang singkat, detak jantung yang tidak beraturan, kesulitan bernafas, muntah darah karna terlalu sering menelan banyak darah, demam atau mengalami ruam, mimisan yang terjadi setelah mengalami cidera, dan kulit berubah pucat.

Jika gejala-gejala di atas terjadi pada Anda, segeralah berkonsultasi ke dokter, agar dapat melakukan pemeriksaan lanjutan. Penyebab mimisan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti proses pembuangan ingus yang terlalu kencang, tidak sengaja melukai dinding hidung saat mengoreknya, bisa juga karena udara yang kering dan dingin, bentuk hidung yang bengkok, sinusitis akut atau kronis, pernafasan yang berlebihan, cidera hidung, opearasi hidung, dan juga kelainan pada kemampuan pembekuan darah.

Berdasarkan lokasi pendaharan yang terjadi, mimisan terbagi kedalam 2 jenis, yaitu Anterior atau bagian depan dan Posterior atau bagian belakang. Lebih dari 90% kasus mimisan yang sering terjadi merupakan jenis Anterior yang sangat mudah untuk di tangani. Pada jenis mimisan ini pendaharan terjadi di bagian depan hidung, dan umumnya dialami oleh anak-anak. Sedangkan mimisan jenis Posterior , pendarahan berasal dari pembuluh hidung yang terletak di bagian belakang hidung (diantara langit-langit mulut dan rongga hidung ). Mimisan ini umumnya jarang terjadi dan cenderung lebih serius dengan volume pendarahan yang lebih banyak. Dan kelompok orang yang sering mengalaminya adalah orang dewasa dan lansia.

Jangan pernah menyepelekan darah yang keluar dari hidung apapun kondisinya, bertanyalah ke dokter yang ahli dan berpengalaman. Penanganan yang cepat dan tepat, akan menyelamatkan jiwa.

Ingin berkonsultasi seputar kesehatan?

Dengarkan program Dokter Menjawab.

Setiap Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 13.00 WIB.

Hanya di Radio Heartline Tangerang 100,6 FM

Live Streaming di www.heartline.co.id

Apps: Heartline - Karawaci


Artikel Terkait

Memahami Infertilitas

Setiap pasangan  yang sudah menikah pasti akan mendambakan adanya keturunan yang akan melengkapi keluarga kecil mereka. Namun, ada juga yang masih ingin menikmati masa-masa berdua dengan pasan...

Kehamilan Beresiko Tinggi

Kehamilan beresiko adalah kehamilan yang memiliki resiko tinggi terhadap meninggalnya calon bayi / ibu, resiko melahirkan bayi yang cacat, ataupun terjadi komplikasi kehamilan yang lebih besar bila...

Apa itu Hernia?

Hernia atau yang lebih dikenal dengan turun berok adalah kondisi yang terjadi ketika bagian dari organ atau jaringan seperti bagian dari usus menonjol ke daerah-daerah yang tidak biasa. Bagian orga...

Mengenal Mimisan

Pernahkah Anda merasakan ada sesuatu yang mengalir dari dalam hidung dan terasa amis atau asing? Jika pernah, maka Anda mengalami mimisan.

Mimisan atau yang dikenal dengan nama lainnya Epis...

Campak pada Anak

Banyak mitos mengatakan, jika anak terkena campak ia tidak diperbolehkan untuk mandi. Apakah mitos ini benar? Apa sebenarnya penyakit campak itu? Apa perbedaannya dengan penyakit rubella? Untuk itu...