Diabetes? Jangan Takut Makan Buah

Written by on April 24, 2018

Walaupun sebagian besar buah memiliki rasa manis, tak berarti penderita diabetes sama sekali tidak boleh mengkonsumsi buah-buahan. Penderita diabetes pun harus tetap mengkonsumsi buah dan sayur kaya serat.

 

Berikut adalah jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes:

Strawberry

Walau memiliki rupa yang merah menawan, buah strawberry memiliki rasa yang sedikit asam. Buah ini rendah akan kandungan gula, namun kaya akan kandungan antioksidan dan juga vitamin C yang tinggi. Kedua kandungan tadi bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme dan memeperkuat kekebalan tubuh.

Buah strawberry baik dikonsumsi langsung dalam keadaan segar, maupun dicampurkan kedalam menu salad Anda. Hindari mengkonsumsinya dengan cara diolah menjadi jus, karena biasanya Anda akan menambahakan gula. Kondisi seperti ini justru membuat strawberry tidak sehat bagi Anda, pasalnya dengan mengkonsumsi gula tambahan, gula darah Anda justru akan melonjak.

 

Peach

Buah peach juga merupakan salah satu buah yang mengandung kadar gula yang rendah. Satu buah buah peach berukuran sedang, hanya mengandung 10 gram gula. Selain mengandung antioksidan, peach juga mengandung serat yang menyehatkan untuk pencernaan Anda.

 

Blackberry

Buah yang masuk dalam keluarga berry ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita diabetes dan obesitas. Hal ini dikarenakan bahwa dalam 100 gram buah blackberry, hanya mengandung 4-5 gr gula. Buah ini mengandung vitamin K dan mangan, yang baik untuk kesehatan mulut juga.

 

Lemon

Memiliki rasa yang sangat asam, tidak heran apabila lemon hanya memiliki kandungan 2 gram gula dalam setiap buahnya. Walau tidak semua orang menyukai lemon, namun lemon memiliki segudang manfaat seperti meningkatkan immunitas.

 

Melon

Melon merupakan buah yang kaya akan kandungan air yang tinggi dan memberi efek menyejukkan tubuh. Melon juga mengandung potasium dan vitamin K, dan memiliki sejumlah manfaat  untuk menurunkan berat badan dengan meningkatkan metabolisme, serta mengobati gangguan pencernaan.

 

 

 

Tagged as

Current track

Title

Artist