Gaya Hidup Tidak Sehat? Mungkin Anda Pasien Stroke Selanjutnya!

Written by on December 19, 2017

Dahulu penyakit stroke identik dengan penyakit yang menakutkan untuk didengar. Namun, ada yang salah sepertinya. Pasalnya, saat ini pasien penyakit stroke tidak mengenal usia. Tidak hanya orang tua saja, tetapi saat ini banyak generasi muda yang menjadi pasien penyakit stroke. Apa penyebab & gejalanya? Bagaimana cara pencegahan & penanganannya?

Melihat ironi ini, Radio Heartline FM Tangerang bekerja sama dengan Rumah Sakit Umum Siloam, kembali menghadirkan program “Dokter Menjawab”. Bersama dr. Evlyne Erlyana Suryawijaya, M. Biomed., Sp.S, pada episode ini akan membahas seputar penyakit stroke.

Pada kesempatan siaran di Radio Heartline FM Tangerang siang itu, dr. Evlyne menjelaskan bahwa stroke merupakan suatu kondisi saat pasokan darah ke otak terputus akibat penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah. Sehingga hal itu mengakibatkan terjadinya kematian sel-sel pada sebagian area di otak.

Dikatakan Evlyne bahwa penderita stroke harus secepat mungkin ditangani. Sehingga, kerusakan akan semakin kecil dan kematian dapat dihindari. Untuk itu Ia menegaskan, apabila Anda merasakan serangan stroke atau melihat ada yang terserang stroke, untuk segera meminta penjemputan ambulans dari rumah sakit terdekat.

Bagaimana mengetahui gejala stroke? Dr. Evlyne mengatakan bahwa gejala stroke dapat dilihat dari kondisi tubuh seperti:

  • Cara bicara penderita yang tidak jelas atau kacau. Bahkan ada juga penderita yang tidak mampu berbicara sama sekali, walau terlihat sadar.
  • Mata dan mulut pada salah satu sisi wajah penderita terlihat turun
  • Saat stroke menyerang, penderita tidak mampu mengangkat salah satu atau kedua lengan.

Otak dapat berfungsi dengan baik, jika pasokan oksigen dan nutrisi yang disediakan darah dapat mengalir dengan baik. Jika pasokan darah terhambat, maka otak akan rusak, bahkan serangan stroke dapat mengakibatkan kematian,” jelas dr. Evlyne.

Dikatakan bahwa terdapat dua jenis stroke, jika dilihat dari penyebabnya, yaitu stroke iskemik dan stroke hemoragik. Stroke iskemik terjadi jika pasokan darah terhenti akibat gumpalan darah. Sementara, stroke hemoragik terjadi jika pembuluh darah yang memasok darah ke otak pecah.

Pada kasus tertentu, juga adapula jenis TIA (Transient Ischemic Attack) atau biasa dikenal dengan stroke ringan. Hal ini disebabkan karena pasokan darah ke otak mengalami gangguan sesaat, yang biasa ditandai dengan gejala pusing, penglihatan ganda, tubuh mendadak lemas, dan sulit bicara. Kondisi stroke ringan ini menurut dr. Evlyn tetap perlu penanganan secara serius. Pasalnya, hal tersebut merupakan peringatan akan datangnya serangan stroke berat.

Pasien stroke biasanya akan didiagnosis dengan pemeriksaan fisik, dan foto / pencitraan otak. Pencitraan ini dimaksudkan untuk mengetahui penyebab stroke, apakah disebabkan arteri yang tersumbat atau pembuluh darah yang pecah, bagian otak yang terserang, dan tingkat keparahan stroke tersebut.

Saat disinggung mengenai pengobatan pasien stroke, dr. Evlyn mengatakan bahwa ada perbedaan antara dua jenis stroke tersebut. Namun, pada umumnya stroke dapat diobati dengan obat-obatan, termasuk obat penurun darah tinggi, penurun tingkat kolesterol, dan obat yang menangani pembekuan darah. Pada beberapa kasus, dibutuhkan operasi untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stroke hemoragik atau menghilangkan lemak di arteri.

Disebutkan juga bahwa pastinya stroke dapat berdampak pada kehidupan dan kesejahteraan pasien dalam berbagai aspek. Pasalnya, stroke dapat meluas dan berlangsung lama. Sebelum pulih, diperlukan rehabilitasi yang panjang. Untuk itu sejumlah ahli dan spesialis dapat membantu, seperti: psikolog, ahli terapi okupasi, ahli terapi bicara, perawat, dokter spesialis, serta fisioterapi.

Untuk Anda yang kadung berpola hidup tidak sehat, waspadalah! Barangkali Anda pasien stroke selanjutnya! Pasalnya, dr. Evelyn mengatakan bahwa cara terbaik mencegah penyakit stroke adalah dengan penerapan pola hidup sehat. Untuk itu, rubahlah gaya hidup Anda demi kesehatan yang baik di masa depan! Mulailah dengan makan makanan yang sehat, berolahraga dengan teratur, tidak merokok dan tidak minum alkohol.

Editor: Irene Leonardi / Heartline Tangerang

Ingin berkonsultasi seputar kesehatan?

Dengarkan program Dokter Menjawab.

Setiap Senin, Rabu, dan Jumat, pukul 13.00 WIB.
Hanya di Radio Heartline FM Tangerang 100,6 FM
Live Streaming di www.heartline.co.id
Apps: Heartline – Karawaci
Youtube & Soundcloud: Heartline Network

 

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST