Harmony in Christmas

Written by on December 21, 2017

Bulan Desember telah tiba, dunia seakan bersorak menyambut bulan ini. Tampak berbagai sudut kota penuh dengan ornamen dan pernik hiasan Natal. Maklum saja, sebagian masyarakat merasa bulan ini begitu spesial karena mereka memperingati kelahiran Sang Juruselamat. Sebagian masyarakat juga memiliki sukacita tersendiri karena mereka memiliki waktu liburan dan waktu kumpul keluarga yang cukup panjang.

Natal memang sejatinya penuh dengan kedamaian. Sebabnya, Sang Juruselamat telah menunjukkan kasih-Nya dengan lahir ke bumi untuk menebus dosa manusia. Manusia didamaikan oleh Sang Juruselamat sehingga layak menerima keselamatan dari-Nya.

Hal inilah yang menjadi sorotan fokus topik dalam “Program Radio Talkshow TerbaikHeartline Coffee Morning pada edisi Harmony in Christmas. Program siaran talkshow pagi ini disiarkan oleh Radio Heartline FM Tangerang langsung dari Hotel Aryaduta Lippo Village, dengan pembicara Ps. Tommy Lengkong, M.Th (Yayasan Pengembangan Apologetika Indonesia –YPAI), Marinus Gea, S.E., M.AK (Anggota DPR-RI Komisi IX Fraksi PDI Perjuangan), Edward Sugiharto (Marcomm Manager Aryaduta Lippo Village). Diskusi juga semakin  semarak dengan penampilan artis berbakat Widya Angela Harianto, yang membawakan tiga lagu merdu, di pagi itu.

Bicara Natal sudah pasti berbicara tentang kedamaian. Betapa indah, karena kedamaian pasti akan membawa keharmonisan dalam segala aspek kehidupan. Hal ini pulalah yang diungkapkan oleh Ps. Tommy. Ia mengatakan bahwa kedamaian dan kebenaran hendaknya harus masuk dalam segala aspek kehidupan umat manusia. Dijelaskan bahwa apapun profesi seorang Kristen, hendaknya orang tersebut tidak hanya melihat keuntungan bagi diri sendiri. Namun, rohaniawan ini menyebut, pribadi Kristiani harus sadar bahwa ia seorang Kristen yang harus menjadi berkat dan membawa kebaikan bagi lingkungannya, karena harmoni itu adalah bentuk hubungan relasional.

Di lain pihak, menyoal pada kondisi politik dalam negeri yang gaduh pun, Marinus sebagai seorang politisi dan anggota DPR menyatakan bahwa, sosok Yesus Kristus yang lahir pada masa-Nya pun telah menjadi contoh  bagi masyarakat. Beliau mengagumi bahwa Yesus mencontohkan bagaimana diri-Nya merespon keadaan politik yang gaduh dengan tenang tetapi juga tegas. Marinus juga menghimbau bagi para pemimpin dan wakil rakyat agar dapat meneladani sosok Kristus. Ia berujar bahwa para pemimpin dan wakil rakyat wajib hadir di tengah masyarakat, untuk mengetahui kesulitan dan kebutuhan rakyat. Sehingga, keberadaan mereka dapat bermanfaat dan menjadi berkat bagi rakyat.

Marinus juga menyerukan terciptanya keharmonisan diantara masyarakat, ia menghimbau agar tidak mudah terpecah belah hanya dengan berita-berita yang belum tentu benar. Untuk itu, Ia mengajak masyarakat un tuk lebih cerdas dalam memilih informasi.

Sekarang ini kondisinya miris, banyak kelompok yang sengaja menciptakan pertengkaran berita untuk kepentingan politik, seperti Saracen. Itulah gunanya para wakil rakyat yang bekerja nyata dalam menciptakan keharmonisan. Diantaranya: pembuatan Undang-Undang ITE, Pers, Kode Etik Jurnalistik, dll,” tukas Marinus.

Dalam hal menciptakan keharmonisan, perlu rasa kesadaran dalam setiap insan, agar menganggap semua manusia sama pentingnya, ujar Ps. Tommy. Ia mengatakan bahwa berita tentang kelahiran Sang Juruselamat pun pertama kali diberitakan bagi penggembala, yang identik dengan kaum strata terendah dan terkucil. Yang Kuasa saja tidak memandang rendah penggembala, ungkapnya. Oleh sebab itu kita pun hendaknya juga tidak memandang rendah orang lain.

Dengan mengganggap semua orang sama pentingnya, maka akan tercipta keharmonisan,” ucap Ps. Tommy.

Lebih lanjut, Marinus mengungkapkan bahwa dalam konteks menciptakan harmoni yang kembali diingatkan lewat momen Natal, hendaknya seorang pemimpin dan wakil rakyat dapat menunjukkan kekristenannya dengan menjadi pribadi penuh kasih, dan bukan pribadi pemecah bangsa. Ia menghimbau agar politisi dapat menggunakan waktu dan jabatannya untuk memberikan kasih dan kebahagiaan bagi masyarakat.

Dituturkan oleh Ps. Tommy bahwa dalam momen Natal, Yesus telah datang membawa damai sejahtera bagi manusia yang berkenan dihadapan-Nya. Namun menurutnya, untuk menciptakan keharmonisan, manusia harus dapat berdamai dahulu dengan Sang Allah. Setelah itu, baru dapat dipastikan bahwa manusia dapat berdamai dengan sesamanya.

Untuk menciptakan keharmonisan dengan sesama, Edward menambahkan bahwa di momen Natal ini, Anda dapat mengajak keluarga ataupun rekan kerja untuk bersama merayakan kebersamaan di Hotel Aryaduta Lippo Village. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan promo-promo menarik, seperti: paket menginap ataupun sekedar menikmati sajian makan dengan menu contemporary Indonesian Cuisine dan juga western cuisine.

Editor: Irene Leonardi / Heartline Tangerang

 

Mari dengarkan pembahasan penting lainnya hanya di:

 

Live – Heartline Coffee Morning

Setiap hari Selasa, pukul 08.00 – 09.30 WIB

Hanya di Radio Heartline 100,6 FM

Live streaming www.heartline.co.id

Apps: Heartline – Karawaci

Youtube & Soundcloud: Heartline Network

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist