Heartline Peduli Tsunami Selat Sunda

Written by on January 3, 2019

Bencana kembali melanda Indonesia! 22 Desember 2018! Kali ini yang mendapat giliran adalah Tanah Jawara, Banten dan Pesisir Lampung! Tsunami dan Gelombang Tinggi yang disebabkan Anak Gunung Krakatau, meluluhlatakan bangunan-bangunan di sepanjang pesisir pantai dan menelan 437 orang yang meninggal dunia, 14.059 orang luka-luka, 16 orang hilang, dan 33.721 mengungsi.

Radio Heartline 100.6 FM yang terletak di Provinsi Banten juga, segera menggerakkan sumber daya yang dimiliki, bersama dengan First Response Indonesia (FRI) yang merupakan sayap radio untuk merespon setiap kali terjadi bencana. Pada 24 Desember 2018, hanya beberapa jam setelah kejadian, Tim Heartline Peduli dan FRI segera meluncur ke lokasi bencana untuk memperkuat sistem komunikasi darurat melalui radio lokal. Tim membawa bantuan ratusan radio Receiver dan berbagai peralatan komunikasi radio.

Tim Heartline Peduli dan FRI segera menuju ke Kecamatan Labuan, menuju ke Studio Radio Krakatau FM yang saat itu menjadi satu-satunya radio yang masih mengudara meskipun crew-nya hanya tinggal beberapa. Sesampai di Radio, ternyata begitu banyak pengungsi yang memanfaatkan ruang tamu Radio untuk mencari tempat yang aman. Data dari radio, ada 270-an warga yang mengungsi di studio. Suasana begitu menegangkan dan memprihatinkan. Hujan yang turun begitu deras membuat suasana begitu dingin. Wajah-wajah anak-anak dan para ibu-ibu begitu murung karena harus tidur dalam ruang yang begitu sempit dan harus berdesak-desakan. Distribusi makanan yang belum mereka dapatkan pada hari awal bencana dan memaksa mereka mengkonsumsi mie instan.

Tim Heartline Peduli dan FRI segera membuat jadwal dan memproduksi program-program radio dengan konten darurat bencana, serta mendistribusikan ratusan radio transistor kepada para pengungsi, posko-posko relawan, dan lembaga pemerintah. Dengan dukungan partner, seperti PRSSNI (Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional) PD Banten dan Radio Krakatau FM Labuan, siaran kebencanaan ini bisa berlangsung dan menolong banyak korban bencana untuk mendapatkan informasi penting dan darurat pasca bencana. Banyak juga organisasi sosial yang memanfaatkan siaran kebencanaan ini untuk menyampaikan informasi-informasi penting kepada para pengungsi seputar kebutuhan logistik, kesehatan, keamanan, psiko-sosial dan lain sebagainya.

Terima kasih juga kami sampaikan kepada para pendengar Radio Heartline yang selalu mendukung gerakan sosial kemanusiaan ini, dalam bentuk dana dan doa. Kiranya apa yang kita lakukan untuk saudara-saudari kita di lokasi bencana, bisa meringankan beban mereka. (JM)  


Current track

Title

Artist