Heartline Network

Pemberdayaan TKI Purna, BNP2TKI Gandeng Bank BRI Tawarkan KUR

Lampung - Direktorat Pemberdayaan BNP2TKI gandeng Bank BRI tawarkan KUR di Kabupaten Lampung Timur. Sosialisasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) diilaksanakan sebagai alternatif tumbuh kembang usaha produktif TKI Purna program pemberdayaan di Kabupaten Lampung Timur. 

Kegiatan dipusatkan di rumah salah satu TKI Purna di Desa Bumimas, Batanghari,  Kabupaten Lampung Timur.  Hadir pada kegiatan tersebut: Divisi Mikro Bank BRI Unit Metro, Kepala BRI Unit Batanghari, dan staf pemasaran BRI Unit Sekampung. Sementara itu, perwakilan Purna TKI yang juga dulunya merupakan peserta program pemberdayaan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Lampung T.A 2016 dan 2017 diwakili oleh 20 orang TKI Purna dan keluarganya yang berminat untuk mengembangkan usahanya dan membutuhkan suntikan dana yang aman dan terjangkau melalui program KUR Mikro. 

Sebagian besar dari mereka saat ini sudah mempunyai berbagai macam usaha yang dapat menghidupi keluarganya seperti budidaya lele, budidaya jamur, keripik pisang dll. Salah seorang TKI Purna, Yuli mennyatakan dengan kegiatannya sekarang tidak lagi terfikir untuk berangkat bekerja kembali ke luar negeri. BRI mengapresiasi dan merasa terbantu dengan adanya kegiatan sosialisasi yang dinisiasi ini karena ternyata masih banyak warga desa yang memiiliki usaha produktif namun tidak mengetahui informasi mengenai KUR. 

“Pada dasarnya penerima KUR adalah invidu atau perseorangan atau badan hukum yang melakukan usaha produktif yang layak, menghasilkan lagi menuntungkan,” ungkap Heri Oktora, Plt Kepala Unit Bank BRI Batanghari.

Adapun usaha produktif yang dimaksud, lanjut Heri pertama usaha mikro, kecil dan menengah. Kedua, calon Tenaga Kerja Indonesia yang akan bekerja di luar negeri.  Ketiga, anggota keluarga dari karyawan / karyawati yang berpenghasilan tetap atau bekerja sebagai Tenaga Kerja Indonesia.  Keempat, Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang purna bekerja di luar negeri dan kelima pekerja yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Wirausahawan dapat mengajukan pinjaman KUR Mikro maksimal 25 juta dengan persyaratan yaitu identitas berupa KTP, Kartu Keluarga dan Surat Ijin Usaha, tutup heri. Setelah kegiatan sosialiasi KUR bagi TKI Purna, Tim berkesempatan memantau peserta program pemberdayaan TKI Purna di Kec. Sekampung Lampung Timur yang menjadikan budidaya serta pengolahan jamur tiram sebagai usaha produktif. 

Kepala BP3TKI Lampung, Mangiring Hasoloan Sinaga mengimbau kepada pengusaha-pengusaha jamur untuk tetap mempertahankan dan menjalankan apa yang sudah dimulai. 

“Usaha harus tetap berjalan jadikan pembelajaran karena budidaya banyak trial dan errornya,” imbau Sinaga. Komunitas Keluarga Buruh Migran (KKBM) rencananya akan dibentuk di Kec. Sekampung Kab. Lampung Timur dan ini bisa berjalan selaras ke depannya. 

Saat ini, beberapa peserta program pemberdayaan 2017di Desa Giriklopomulyo sudah menjalani usahanya untuk membudidaya jamur tiram. Diakui oleh Farida, saat ini dirinya sedang mengembangkan ruang penyimpanan jamur tiramnya dalam skala besar sehingga dapat menghasilkan lebih banyak.


Artikel Terkait

Akses Wisatawan, Pemprov Lampung Lanjutkan Perbaikan Jalan ke Teluk Kiluan

Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan perbaikan ruas jalan menuju destinasi wisata Teluk Kiluan, Tanggamus berlanjut di 2017 ini. Gubernur Muhammad Ridho Ficardo memberi atensi khusus dalam perbaikan infrastruktur jalan yang menuju ke arah tujuan wisata seperti Simpan...

Penyegaran, 220 Pejabat Eselon II, III, dan IV Pemprov dan 6 Kepala Sekolah

Lampung - Pelantikan ini terdiri dari, 1 pejabat eselon II atas nama Tyas Nuziar yang sebelumnya menjabat Sekretaris menjadi Kepala Badan Pengurus Korpri serta 54 pejabat eselon III, dan 159 pejabat eselon IV. 

Dalam sambutannya, Hamartoni mengatakan, pelantikan ini ...

Pemprov Lampung Latih 224 Petani Mahir Operasikan Mesin Pemanen Padi

Lampung - "Pelatihan ini adalah salah satu satu solusi agar petani paham cara pengoperasian combine harvester sehingga petani bisa memanfaatkan secara optimal,"ungkap Edi Yanto. 

Pelatihan digelar dua gelombang selama dua hari 10-12 Juli 2017, melalui Bidan...

Gubernur Lampung Ajak Semen Padang Dukung Infrastuktur Pembangunan

Lampung - “Pembangunan di Lampung mulai dari pembangunan jalan tol, permukiman, bangunan dan yang lainnya akan membuka market bahan baku yang cukup besar bagi Semen Padang. Untuk itu saya berharap Semen Padang dapat memanfaatkan peluang terseb...

Akhirnya, Pemprov - Pemkot Satu Meja

Lampung - Perwakilan Pemprov Lampung dan Pemkot Bandarlampung mendatangi kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta. Ketiga belah pihak membahas poin penting pembangunan fly overdepan MBK.  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembang...