Heartline Network

Direktur Pussbik: PLN Dinilai Lemah Dalam Pengawasan Di Lapangan

Lampung - Direktur Eksekutif Pusat Studi dan Strategi Kebijakan Publik (Pussbik) Aryanto Yusuf menyoroti keluhan pelanggan PLN terkait tagihan pembayaran membengkak. Yusuf mengatakan, kerap terjadinya kesalahan data dalam pemakaian daya listrik oleh pelanggan konsumen, bukan permasalahan baru.

Akibatnya, konsumen pelanggan PLN terpaksa harus menerima beban tersebut, dengan membayar tagihan PLN, yang tidak sesuai dengan pemakaian penggunaan daya listrik. Ujarnya  Adapun faktor penyebab kesalahan data dalam pemakaian daya.

Yusuf menuturkan, biasanya timbul dari kesalahan petugas pencatat meteran kWh listrik di lapangan. Terkadang data yang didapatkan petugas tidak sesuai dengan penggunaan daya listrik oleh konsumen. 

Sebab, petugas dilapangan menyetorkan data tidak akurat. "Seperti petugas langsung main tembak saja jumlah meteran Kwh listrik pelanggan. Kemudian terdapar petugas nakal yang tidak turun ke lokasi dan membuat data sendiri. Akibatnya, pembayaran tagihan menjadi membekak hingga 2 sampai tiga kali lipat," bebernya. 

Melihat permasalahan yang terjadi, lanjut dia, artinya PLN dinilai lemah dalam melakukan pengawasan kepada petugas dilapangan maupun petugas pihak ketiga.  Seharusnya permasalahan tersebut, menjadi perhatian serius PLN untuk segera menanganinya, agar konsumen juga mendapatkan hak-haknya sebagai konsumen, dalam menerima pelayanan yang baik, mestinya itu yang terus ditingkatkan dari PLN, ungkapnya. 

Menurut Yusuf, permasalahan dari petugas pencatat meteran kWh listrik dilapangan adalah merupakan permasalahan yang mendasar dan tiap tahun selalu terjadi, bahkan sudah puluhan tahun. Dengan demikian, Yusuf menilai PLN disini tidak mau belajar dari kesalahan-kesalahan.

Maka dari itu, PLN harus memberikan sanksi yang tegas terhadap oknum tersebut. Sedangkan konsumen pelanggan yang merasa dirugikan PLN harus menggantinya dengan bentuk konpensasi. Kemudian sejumlah pelanggan mengalami kepanikan dan harus bolak-balik mengurus kelebihan pemakaian daya, sebutnya. 

Yang mesti diingat oleh PLN, terusnya adalah pelanggan konsumen dilindungi oleh dua undang-undang (UU). Pertama UU Perlindungan Konsumen dan kedua UU Pelayanan Publik. 

Mengacu dua UU tersebut, secara tidak langsung konsumen dijamin oleh dua UU. Seyogyanya, PLN terus berkewajiban untuk meningkatkan kualitas pelayanan publiknya. Tanpa ada catatan yang kurang baik dari catatan petugas PLN. 

Yang sangat disayangkan, pembayaran PLN yang selalu naik, namun tidak diberbarengi dengan pelayanan yang baik. Diperlukan dan harus dilalukkan pemebenahan internal.


Artikel Terkait

DEKAT Resmi Merilis Single "20"

Dekat merupakan satu grup musik yang berasal dari Indonesia. Anggotanya berjumlah 3 orang yaitu, Tahir Hadiwijoyo (Tata), Mohammed Kamga (Kamga) dan Chevrina Anayang (Chevrina).

Mereka bersama membentuk grup musik DEKAT pada pertengahan bulan Maret 2014, dengan meracik mini...

Andien Tyas Terus Gandeng Jikustik

Andini Rahayuningtiyas atau yang akrab dipanggil Andien Tyas, merupakan salah satu musisi muda berbakat Indonesia. Ditemui saat mengisi program talkshow "StartUp Channel" yang disiarkan lewat Radio Heartline Tangerang, Andien tampil begitu memukau.


...

Bikin Heboh, Penyanyi 14 Tahun Ini Jago Nge-Jazz

Penyanyi dengan suara bagus itu sudah biasa. Tapi lain halnya dengan penyanyi yang memiliki karakter suara unik. Arash Buana adalah salah satu penyanyi dengan karakter suara unik yang mampu menghipnotis masyarakat Indonesia dengan single terbarunya “Di Dekatmu”.

...
Pernikahan Hamish Daud Dan Raisa Jadi Rezeki Untuk EREVANO

Tidak disangka, kebahagiaan pasangan artis Hamish Daud dan Raisa ternyata juga dirasakan oleh masyarakat. Termasuk pria kelahiran tanah Toraja Esal Revano, yang ikut berbahagia karena mendapatkan rezeki dari momen awal Hamish Daud dan Raisa bertunangan hingga menuju ke pernikahan.

Re...

OPEN HOUSE SKANDINAVIA APARTMENT 

Tangcity Developments, brand pengembang milik PT Pancakarya Griyatama yang saat ini lebih dikenal sebagai pendiri Tangcity Mall, Novotel Tangerang atau Tangcity Superblock, kembali melanjutkan pembangunannya dengan menghadirkan sebuah hunian eksklusif yang terinspirasi dari negara-negara Scandina...