Heartline Network

Kemenhub Sebut 4.947 Bus Tidak Laik Jalan

Lampung - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa hanya 60 persen bus yang laik jalan untuk mudik Lebaran 2017. Saat ini, Kemenhub telah melakukan pemeriksaan atau ramp check terhadap sebanyak 11.605 bus. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan mudik Lebaran 2017 pada bidang darat ini dirasa kurang memuaskan, karena masih banyak bus yang belum laik dioperasikan. Oleh karena itu, dia meminta kepada perusahaan otobus untuk segera memperbaiki bus yang akan diperasikan untuk mudik Lebaran 2017.  

"Jadi masih ada satu minggu lagi untuk perbaiki. Kalau bus tidak laik, tidak akan kami berikan stiker," ujar Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta.  

Dari total bus yang telah diperiksa, sebanyak 5.026 bus yang laik jalan, sedangkan sebanyak 1.632 bus perlu dilakukan perbaikan. Adapun sebanyak 4.947 bus tidak laik jalan. 

Budi Karya menambahkan, jika kedapatan bus tidak laik jalan tetap dioperasikan, pihaknya meminta Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menilang sopir bus tersebut. 

"Jadi kami koordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk memantau bus yang tidak laik jalan tetap beroperasi. Kami juga meminta kepada penumpang untuk tidak naik bus yang tidak memiliki stiker," pungkas dia. 

Sekadar informasi, pelaksanaan ramp check angkutan bus digelar pada 17 April 2017 sampai dengan 10 Juni 2017. Dalam pelaksanaan pemeriksaan, di antaranya memeriksa, rem, ban, kaca, speedometer.


Artikel Terkait

Buka Puasa Bersama Radio Heartline FM

Bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang penuh sukacita bagi umat Islam dimanapun mereka berada. Selain merupakan bulan yang tepat untuk lebih menjalankan ibadah, bulan Ramadhan juga merupakan bulan yang dirasa tepat untuk lebih berbagi kasih dengan sesama.

Momen berbagi kasih inilah yang...

Pemprov Lampung Segera Bentuk Tim Pengentasan Kemiskinan

Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung segera membentuk tim pengentasan kemiskinan daerah yang bertugas menjalankan strategi penanggulangan kemiskinan dan berkoordinasi dengan program-program di satuan kerja terkait. 

"Kita telah membuat strategi daerah dalam pen...

BBPOM Klaim Belum Temukan Produk Mie Asal Korea di Lampung

Lampung - Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Bandar Lampung mengklaim produk mie instan asal Korea belum ditemukan di Provinsi Lampung. Kepala Seksi Layanan dan Informasi BBPOM Bandar Lampung Tri Suyarto mengatakan produk mie instan asal Korea tidak beredar di Bumi R...

Neraca Perdagangan Provinsi Lampung Surplus

Lampung - Nercara perdagangan Provinsi Lampung pada Mei 2017 mengalami surplus menyusul nilai ekspor lebih tinggi dibandingkan impor. 

"Neraca perdagangan Provinsi Lampung surplus 13,07 juta dolar Amerika Serikat," kata Kepala badan Pusat Statistik Provinsi Lampung Yeane Ir...

Flyover Stop Sementara

Lampung - PT Dewanto selaku pengembang flyover jalan ZA Pagar - Teuku Umar atau simpang Mall Boemi Kedaton menyatakan menghentikan sementara pembangunan flyover mulai hari ini. Langkah itu dilakukan karena sudah memasuki libur hari raya Idul Fitri. 

"Hari ini ki...