Heartline Network

Kemenhub Sebut 4.947 Bus Tidak Laik Jalan

Lampung - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan bahwa hanya 60 persen bus yang laik jalan untuk mudik Lebaran 2017. Saat ini, Kemenhub telah melakukan pemeriksaan atau ramp check terhadap sebanyak 11.605 bus. 

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, pelaksanaan mudik Lebaran 2017 pada bidang darat ini dirasa kurang memuaskan, karena masih banyak bus yang belum laik dioperasikan. Oleh karena itu, dia meminta kepada perusahaan otobus untuk segera memperbaiki bus yang akan diperasikan untuk mudik Lebaran 2017.  

"Jadi masih ada satu minggu lagi untuk perbaiki. Kalau bus tidak laik, tidak akan kami berikan stiker," ujar Budi Karya di Kantor Kementerian Perhubungan Jakarta.  

Dari total bus yang telah diperiksa, sebanyak 5.026 bus yang laik jalan, sedangkan sebanyak 1.632 bus perlu dilakukan perbaikan. Adapun sebanyak 4.947 bus tidak laik jalan. 

Budi Karya menambahkan, jika kedapatan bus tidak laik jalan tetap dioperasikan, pihaknya meminta Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk menilang sopir bus tersebut. 

"Jadi kami koordinasi dengan Kepolisian dan Dinas Perhubungan untuk memantau bus yang tidak laik jalan tetap beroperasi. Kami juga meminta kepada penumpang untuk tidak naik bus yang tidak memiliki stiker," pungkas dia. 

Sekadar informasi, pelaksanaan ramp check angkutan bus digelar pada 17 April 2017 sampai dengan 10 Juni 2017. Dalam pelaksanaan pemeriksaan, di antaranya memeriksa, rem, ban, kaca, speedometer.


Artikel Terkait

Akses Wisatawan, Pemprov Lampung Lanjutkan Perbaikan Jalan ke Teluk Kiluan

Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan perbaikan ruas jalan menuju destinasi wisata Teluk Kiluan, Tanggamus berlanjut di 2017 ini. Gubernur Muhammad Ridho Ficardo memberi atensi khusus dalam perbaikan infrastruktur jalan yang menuju ke arah tujuan wisata seperti Simpan...

Penyegaran, 220 Pejabat Eselon II, III, dan IV Pemprov dan 6 Kepala Sekolah

Lampung - Pelantikan ini terdiri dari, 1 pejabat eselon II atas nama Tyas Nuziar yang sebelumnya menjabat Sekretaris menjadi Kepala Badan Pengurus Korpri serta 54 pejabat eselon III, dan 159 pejabat eselon IV. 

Dalam sambutannya, Hamartoni mengatakan, pelantikan ini ...

Pemprov Lampung Latih 224 Petani Mahir Operasikan Mesin Pemanen Padi

Lampung - "Pelatihan ini adalah salah satu satu solusi agar petani paham cara pengoperasian combine harvester sehingga petani bisa memanfaatkan secara optimal,"ungkap Edi Yanto. 

Pelatihan digelar dua gelombang selama dua hari 10-12 Juli 2017, melalui Bidan...

Gubernur Lampung Ajak Semen Padang Dukung Infrastuktur Pembangunan

Lampung - “Pembangunan di Lampung mulai dari pembangunan jalan tol, permukiman, bangunan dan yang lainnya akan membuka market bahan baku yang cukup besar bagi Semen Padang. Untuk itu saya berharap Semen Padang dapat memanfaatkan peluang terseb...

Akhirnya, Pemprov - Pemkot Satu Meja

Lampung - Perwakilan Pemprov Lampung dan Pemkot Bandarlampung mendatangi kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta. Ketiga belah pihak membahas poin penting pembangunan fly overdepan MBK.  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembang...