Heartline Network

Sidang Dugaan Korupsi e-KTP, Ade Komarudin Disebut Terima Rp 1 M

Lampung - Bekas Ketua DPR RI Ade Komarudin kembali disebut menerima uang hasil korupsi pengadaan KTP elekronik tahun anggaran 2011-2012. Keterangan tersebut disampaikan terdakwa mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Irman saat diperiksa sebagai terdakwa di Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi, Jakarta. 

Menurut Irman, Ade Komarudin menerima uang dari terdakwa Pejabat Pembuat Komitmen Sugiharto. Serta Ketua Pengadaan Barang/Jasa Kementerian Dalam Negeri Drajat Wisnu Setyawan. 

"Pernah melalui Pak Giharto dan Pak Drajat," kata Irman menjawab pertanyaan anggota majelis hakim Emilia. 

Menurut Irman, uang tersebut diberikan memang karena diminta Ade Komarudin untuk membiayai kegiatannya sebesar Rp 1 miliar. 

"Enggak mungkinlah saya ngasih uang tanpa permintaan," kata Irman. 

Pemberian uang tersebut sebelumnya sudah diakui Drajat ketika bersaksi di Pengadilan Negeri Tipikor. Waktu itu, Drajat mengakui diperintahkan Irman dan mengantarkan uang tersebut ke rumah dinas Ade Komaruddin di Kalibata, Jakarta Selatan. Dalam persidangan sebelumnya, Ade Komaruddin telah membantah menerima uang yang ditaruh dalam bungkusan karena tidak lagi tinggal di Kompleks perumahan DPR RI sejak tahun 2005. 

Dalam surat dakwaan, politikus Partai Golkar itu disebut menerima uang 100 ribu Dolar Amerika Serikat dari uang korupsi pengadaan KTP berbasis chip itu.


Artikel Terkait

Akses Wisatawan, Pemprov Lampung Lanjutkan Perbaikan Jalan ke Teluk Kiluan

Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan perbaikan ruas jalan menuju destinasi wisata Teluk Kiluan, Tanggamus berlanjut di 2017 ini. Gubernur Muhammad Ridho Ficardo memberi atensi khusus dalam perbaikan infrastruktur jalan yang menuju ke arah tujuan wisata seperti Simpan...

Penyegaran, 220 Pejabat Eselon II, III, dan IV Pemprov dan 6 Kepala Sekolah

Lampung - Pelantikan ini terdiri dari, 1 pejabat eselon II atas nama Tyas Nuziar yang sebelumnya menjabat Sekretaris menjadi Kepala Badan Pengurus Korpri serta 54 pejabat eselon III, dan 159 pejabat eselon IV. 

Dalam sambutannya, Hamartoni mengatakan, pelantikan ini ...

Pemprov Lampung Latih 224 Petani Mahir Operasikan Mesin Pemanen Padi

Lampung - "Pelatihan ini adalah salah satu satu solusi agar petani paham cara pengoperasian combine harvester sehingga petani bisa memanfaatkan secara optimal,"ungkap Edi Yanto. 

Pelatihan digelar dua gelombang selama dua hari 10-12 Juli 2017, melalui Bidan...

Gubernur Lampung Ajak Semen Padang Dukung Infrastuktur Pembangunan

Lampung - “Pembangunan di Lampung mulai dari pembangunan jalan tol, permukiman, bangunan dan yang lainnya akan membuka market bahan baku yang cukup besar bagi Semen Padang. Untuk itu saya berharap Semen Padang dapat memanfaatkan peluang terseb...

Akhirnya, Pemprov - Pemkot Satu Meja

Lampung - Perwakilan Pemprov Lampung dan Pemkot Bandarlampung mendatangi kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta. Ketiga belah pihak membahas poin penting pembangunan fly overdepan MBK.  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembang...