Heartline Network

Menantikan Kesiapan PLN

Lampung - Wali Kota Bandar Lampung Herman H.N. memastikan program pemindahan kabel listrik PLN ke dalam tanah rampung akhir tahun. Hanya, di balik sikap optimistis tersebut, dia pun mengaku belum mengetahui kepastian kapan dimulainya pekerjaan tersebut.

Menurut Herman, dimulainya pemindahan kabel listrik ini tinggal menunggu PLN bergerak.

’’Kalau PLN sudah memberikan informasi mulai, segera kami lakukan,” ujar Herman.

Niat Pemkot Bandar Lampung ini tak lain untuk meningkatkan keindahan kota. Karena keberadaan kabel yang cukup semerawut di pinggir jalan protokol cukup mengganggu pemandangan. Yang mana, ditanam kabel listrik dalam tanah ini memang mencontoh apa yang telah diterapkan di luar negeri. Tak hanya membuat indah kota, tapi juga meningkatkan keamanan penggunaan.

’’Kalau di luar negeri kan ditanam pipa bawah tanah. Jadi semua kabel akan melalui satu jalan itu. Tapi pipanya memang besar. Kalau kita hanya sesuai ukuran kabel PLN sajalah,” jelasnya.

Dia melanjutkan, jika nantinya ada warga yang memerlukan tambahan pemasangan listrik, hal itu masih bisa dilakukan. Yakni melalui gardu-gardu yang disediakan khusus.

Ditanya soal target, Herman menegaskan akan menyelesaikan pada akhir Desember.

’’Kan penggaliannya cepat, seperti galian pipa gas. Cepat sekali, jadi nanti tinggal digali, kemudian kabel dimasukkan dan ditutup kembali. Prosesnya nggak lama,” lanjut dia.

Sebelumnya, Sekretaris Kota (Sekkot) Bandar lampung Badri Tamam mengatakan siap melakukan penggalian untuk penanaman kabel tersebut. Namun, bagaimana dengan PLN? Badri sempat menjelaskan, terakhir dirinya mendapatkan informasi PLN belum siap soal kabel.

’’Kitakan lagi menunggu PLN nya juga. Karena mereka harus mempersiapkan ketersediaan kabel itu,” jelas Badri.

Badri memang mengakui hingga saat ini belum mendapatkan informasi lanjutan pemasangan kabel PLN dalam tanah. Yang pasti, Pemkot telah menggelontorkan dana sebesar Rp 3 miliar untuk penggaliannya.

’’Kita sudah siap, tapi penggalian tunggu kabel siap. Karena kalau kabel siap nanti langsung digali dan dikubur,” lanjut dia.

Untuk dana sendiri memang telah dipersiapkan pemkot menggunakan dana APBD 2017. Maka dari itu, dirinya akan berkoordinasi lanjut dengan dinas Pekerjaan Umum untuk menginformasikan kembali sejauh mana komunikasi yang telah terbangun antara Pemkot dan PLN.


Artikel Terkait

Akses Wisatawan, Pemprov Lampung Lanjutkan Perbaikan Jalan ke Teluk Kiluan

Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung menargetkan perbaikan ruas jalan menuju destinasi wisata Teluk Kiluan, Tanggamus berlanjut di 2017 ini. Gubernur Muhammad Ridho Ficardo memberi atensi khusus dalam perbaikan infrastruktur jalan yang menuju ke arah tujuan wisata seperti Simpan...

Penyegaran, 220 Pejabat Eselon II, III, dan IV Pemprov dan 6 Kepala Sekolah

Lampung - Pelantikan ini terdiri dari, 1 pejabat eselon II atas nama Tyas Nuziar yang sebelumnya menjabat Sekretaris menjadi Kepala Badan Pengurus Korpri serta 54 pejabat eselon III, dan 159 pejabat eselon IV. 

Dalam sambutannya, Hamartoni mengatakan, pelantikan ini ...

Pemprov Lampung Latih 224 Petani Mahir Operasikan Mesin Pemanen Padi

Lampung - "Pelatihan ini adalah salah satu satu solusi agar petani paham cara pengoperasian combine harvester sehingga petani bisa memanfaatkan secara optimal,"ungkap Edi Yanto. 

Pelatihan digelar dua gelombang selama dua hari 10-12 Juli 2017, melalui Bidan...

Gubernur Lampung Ajak Semen Padang Dukung Infrastuktur Pembangunan

Lampung - “Pembangunan di Lampung mulai dari pembangunan jalan tol, permukiman, bangunan dan yang lainnya akan membuka market bahan baku yang cukup besar bagi Semen Padang. Untuk itu saya berharap Semen Padang dapat memanfaatkan peluang terseb...

Akhirnya, Pemprov - Pemkot Satu Meja

Lampung - Perwakilan Pemprov Lampung dan Pemkot Bandarlampung mendatangi kantor Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) di Jakarta. Ketiga belah pihak membahas poin penting pembangunan fly overdepan MBK.  Asisten Bidang Ekonomi dan Pembang...