Jangan Mulai Bisnis E-Commerce Tanpa Baca Ini!

Written by on December 14, 2017

Membuka sebuah bisnis baru memang tidaklah mudah. Saat ini sudah terlalu banyak model bisnis digital yang mencoba memberikan kemudahan bagi customer. Diantara banyaknya bisnis tersebut dan persaingan yang ketat, pelaku usaha harus bisa mencari keunikan bisnisnya agar dapat meraih sukses.

Kali ini Startup Channel mengajak seorang CEO dan Founder Ralali.com, Joseph Aditya. Bersama dengan Djoko Kurniawan, Senior Business Consultant, Joseph akan berbagi bagaimana kiat-kiat mempertahankan bisnis digital di masa sekarang.

Sedikit gambaran tentang  Ralali.com, yang merupakan sebuah market place yang berfokus pada bisnis. Jika biasanya kebanyakan market place hanya menghubungkan produsen ke konsumen saja, tidak halnya dengan Ralali.com yang menghubungkan supplier dengan pembeli dan juga dengan reseller.

Joseph mengatakan bahwa awalnya Ralali.com menjual beberapa barang-barang industri dan barang-barang kebutuhan operasional kantor. Kemudian, sekarang sudah menyediakan barang-barang grosir dan material.

Joseph sendiri bukan orang awam dalam bisnis seperti ini. Sebelumnya, dia banyak membantu perusahaan untuk mencari barang. Dari hal itu, Joseph melihat bahwa barang-barang kebutuhan perusahaan, harganya tidak transparan. Harga dari supplier ditemukan berbeda jauh dengan harga yang harus dibayarkan perusahaan.

Selain itu, memang agak sulit untuk menemukan barang-barang industri, seperti signal generator. Lalu, Joseph mendapatkan ide untuk mengumpulkan supplier dan mantap membuka sebuah market place yang mudah diakses. Sehingga, jika orang membutuhkan barang-barang industrial, bisa langsung menemukan di satu tempat.

Nama Ralali.com sebenarnya berasal dari bahasa Jawa yang berarti “tidak boleh lupa”. Dalam hal penggunaan nama, sebenarnya dulu dipergunakan nama berbahasa Inggris. Namun, nama tersebut urung digunakan setelah Joseph berdiskusi dengan ayahnya, yang mengatakan bahwa sebaiknya menggunakan nama yang mudah. “Nama dibuat seperti nama warung saja sudah cukup,” cerita Joseph menirukan pesan ayahnya.

Nama Ralali sendiri didapat setelah melihat nama warung. Kemudian, saat dicek ternyata domainnya masih available. Karena itu digunakanlah nama Ralali.com.

Untuk promosi, Ralali.com banyak bekerja sama dengan pameran-pameran yang diadakan di Indonesia. Dikatakan bahwa pameran menjadi sebuah channel yang paling efektif karena target market Ralali.com yang menyasar kepada supplier dan pembeli. Kemudian, Ralali.com juga menjangkau berbagai komunitas. Biasanya Ralali.com juga akan mengadakan seminar-seminar bagi para komunitas yang ingin mencoba membuat bisnis baru.

Contohnya, komunitas pecinta kopi. Ralali.com berkunjung ke beberapa café dan mengajak orang-orang yang ingin untuk membuka bisnis kopi. Di sana mereka membagikan bagaimana cara membangun sebuah bisnis kopi dan bagaimana mengelolanya.

Menurut Joseph, setiap bisnis itu pasti bisa menjadi sukses. Namun, tak terlepas dari persaingan yang ketat. Bagi para pebisnis pemula, yang baru saja mengawali bisnisnya, mungkin persaingan tersebut dapat terlihat seperti “battle of the Giants”. Serangan dari bisnis-bisnis serupa pasti sangat besar. Pada akhirnya akan dilihat, siapa yang paling terakhir berdiri tegap menghadapi semua serangan tersebut, ujarnya.

Untuk bisa menjadi sebuah bisnis yang besar dan sukses, ketepatan waktu juga menjadi sebuah hal yang penting. Jika kita membuka bisnis baru tanpa memperhitungkan kapan waktu yang tepat, bisnis kita bisa saja kandas di tengah jalan. Dengan memiliki timing yang tepat, bisnis pasti akan berkembang dengan pesat pula.

Ralali.com memiliki sebuah mimpi, yaitu agar para produsen pabrik yang kesulitan untuk masuk ke dunia digital dapat terbantu dengan kehadiran Ralali.com, diharapkan produk-produk tersebut akhirnya dapat dikenali oleh masyarakat Indonesia dan bahkan sampai ke mancanegara.

Bagi orang-orang yang ingin membuka sebuah bisnis baru, namun belum sepenuhnya paham bagaimana cara memulainya Ralali.com yang memiliki tagline “Business starts here” juga berharap dapat menjadi sebuah tempat untuk membangun sebuah bisnis baru. Orang-orang dapat mencari barang-barang kebutuhan bisnisnya di sini.

Joseph berpesan kepada orang-orang yang baru mau memulai bisnis agar tidak berfokus pada hype startup yang sedang naik daun saat ini. Ia berpesan agar para pemula ini berpikir bagaimana teknologi dapat membantu orang banyak dan  tidak hanya mencari keuntungan, tetapi juga untuk memberikan value pada tim. Sehingga mereka tidak stuck pada pekerjaan itu saja, mereka dapat berbuat hal yang lebih besar lagi.

Joseph juga mengatakan bahwa apapun background kita, tidak jadi halangan untuk berbisnis. Jika ingin sukses, kita harus melakukan tiga kali lipat dari apa yang orang normal lakukan. Untuk bisa menang dan sukses, dibutuhkan kecepatan. “Harus dapat melakukan hal lebih besar dibanding dengan orang lain,” tutupnya.

 

Yuk simak ilmu lainnya dalam program STARTUP CHANNEL mendatang!

 

Setiap hari Senin, pukul 08.00 – 09.30 WIB

Live from KOZE CAFE Gading Serpong

Only on 100.6 Heartline Radio!

Live streaming www.heartline.co.id

Apps: Hearline – Karawaci

Soundcloud & Youtube: Heartline Network

 


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *



Current track
Title
Artist