Kisah Reporter Fery Bergelut di Dunia Bencana

Written by on November 20, 2018

 

Fery merupakan lulusan dari Institut Pertanian Bogor Falkutas Kehutanan . Fery memilih passionnya menjadi seorang wartawan dikarenakan sejak  duduk di bangku Sekolah  Menengah Atas Fery sudah menyukai Jurnalistik. Fery selalu aktif dalam sekolahnya seperti membuat mading yang berhubungan dengan bidang jurnalistik dan selalu membuat artikel  di beberapa  koran lokal, sehingga Fery bertekad untuk menjadi wartawan. Sebagai wartawan harus bisa memberitakan secara faktual dan tidak boleh terbawa oleh simpati.

Lalu apa sih bedanya empati dan simpati?.

Simpati adalah orang yang  menggambarkan perasaan belas kasih sayang   atas yang menimpa kejadian  seseorang , sehingga kita lupa mana yang baik dan mana yang tidak karena kita terlalu iba. Sedangkan Empati, orang yang dapat menempatkan diri pada posisi orang tersebut berbagai cara langsung secara kesedihan mereka, tetapi tidak terbawa belas kasihan.

Fery ditugaskan untuk meliput bencana Palu selama delapan hari, sesampai di Palu Fery merasakan kesedihan luar biasa saat melihat korban dan bangunan-bangunan yang sudah hancur, lampu-lampu padam , kendaraan yang hanjur dan terbalik. Lalu pada saat bersamaan, Fery menemukan narasumber seorang ayah dan anak yang mengalami langsung bencana gempa dan tsunami, anak tersebut mencerikan kepada Fery  peristiwa tsunami dan gempa yang terjadi kepada sih anak, saat terjadi ombak besar anak tersebut terseret dan tenggelam dengan kedalaman tiga hingga lima meter, tetapi anak tersebut tetap terus berenang dengan sekuat tenaga untuk kepermukaan. Sebagai wartawan saat mendengar narasumber menceritakan kesedihan bencana di Palu. Wartawan tidak boleh larut dalam kesedihan narasumber tetapi wartawan harus bisa menggali informasi dan menguatkan narasumber.Sebagai generasi muda yang ingin menjadi wartawan. Anak harus bisa menerapkan empati, peran orang tua sangatlah penting dan harus memberikan informasi dan mengajak  anak untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar lalu mengobsevasi dan memberikan penjelasan kepada sih anak, sehingga anak mempunyai pembekalan dan informasi baru dari orang tuanya sendiri.

 

Penulis : Ofika S


Current track

Title

Artist