KPAI: Stop Bullying!

Written by on August 10, 2017

Miris benar melihat fenomena buruk yang menimpa anak-anak di Indonesia belakangan ini. Bagaimana tidak, kasus perundungan atau yang lebih akrab disebut bullying ini, kian marak terjadi di lingkungan pendidikan dan lingkungan bermain anak.

Kasus bullying ini cukup membuat geram Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI). Pasalnya, korban bullying kerap kali memilih untuk melakukan aksi bunuh diri, karena merasa tidak sanggup menghadapi masalahnya.

Untuk itu, KPAI menyerukan agar anak-anak di seluruh Indonesia sadar dan menghentikan perilaku tidak terpuji, yang dapat mengakibatkan maut ini.

“Kepada anak Indonesia, apapun tujuannya, bullying tidak dibenarkan, baik dari sisi agama, nilai etika maupun budaya. Maka anak tidak boleh melakukan bullying kepada teman atau anak lain dalam bentuk apapun,” seru Komisioner KPAI, Susanto.

Jika ada anak yang menjadi korban bullying, bantulah anak untuk mau bercerita kepada orang dewasa, guru,  atau orang tua. Pada dasarnya, anak wajib bercerita bila mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan ataupun memiliki masalah di lingkungan bermainnya. Sehingga orang tua dapat membantu kesulitan yang dialami si korban.

Susanto kembali menghimbau agar korban bullying pun tidak mengambil jalan pintas bunuh diri sebagai solusi permasalahan yang dihadapinya. Untuk itu, orang tua wajib mengingatkan bahwa masih banyak orang yang peduli dan mengasihinya.

Editor: Irene Leonardi / Heartline – Tangerang


Reader's opinions

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Heartline Tangerang

100.6 FM

Current track
TITLE
ARTIST