Heartline Network

Empat Inspirasi Kreatif Mengolah Kurma

Bulan puasa sangat identik dengan kurma. Buah ini dianggap sempurna untuk membantu mengembalikan semangat dan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa seharian. Buah ini memang bisa langsung disantap.

Akan tetapi buah ini juga sebenarnya cocok dijadikan olahan apapun, baik manis atau gurih. Dengan sedikit kreativitas pengolahan, kurma bisa berubah wujud jadi hidangan cantik yang makin menggugah selera.

Dalam kuliner Indonesia, kurma biasanya dicampurkan dalam hidangan es buka puasa, kue bolu, sampai kue kering. Bukan cuma itu saja, kurma juga biasa dicampurkan dalam berbagai hidangan gulai yang bersantan.

Jika kali ini Anda tak terlalu ingin menyantap kurma dalam sajian yang sulit dibuat, Anda bisa mengolahnya menjadi makanan yang mudah dibuat dan praktis.

1. Sandwich kurma
Hidangan yang satu ini sangat mudah untuk dibuat. Selain mudah dibuat, kepraktisan hidangannya membuat menu ini cocok jadi menu hidangan sahur yang bergizi.

Siapkan roti tawar gandum, kemudian oleskan selai kacang di atasnya. Sebagai karbohidrat dan vitamin, tambahkan irisan pisang manis di atasnya, siramkan juga sedikit madu. Tak lupa tambahkan beberapa irisan kurma sebagai topingnya.

Selain nikmat, makanan ini juga termasuk sehat. Namun ingat, jangan terlalu banyak menambahkan madu ke atasnya, karena kandungan gula pada kurma dan pisang sudah cukup tinggi.

2. Ayam panggang kurma
Buka puasa bersama di rumah biasanya membuat si tuan rumah kebingungan untuk memasak aneka sajian. Namun Anda bisa menghidangkan sajian ayam panggang kurma.

Kandungan gula dalam kurma akan membantu menyeimbangkan rasa ayam yang gurih. Untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat, Anda bisa menambahkan buah zaitun ke dalam olahannya.

3. Nasi kurma
Anda pasti sudah sering melihat adanya olahan nasi dengan tambahan kismis. Kismis dalam olahan nasi ini bisa digantikan dengan adanya kurma.

Gunakan beras yang harum, misalnya basmati dan tambahkan irisan kurma ke dalamnya. Anda juga bisa mencampurkan mentega, almond kupas, dan safron agar warnanya makin menarik

4. Kurma isi
Mengutip Tribune , biasanya kurma hanya diisi dengan kacang almond. Namun sebenarnya Anda bisa bermain-main dengan isian almond. Anda bisa mengolahnya dengan isian keju mascarpone dan juga taburan cokelat yang tak terlalu manis di atasnya.

 

(Sumber: www.cnnindonesia.com)

 


Artikel Terkait

Sensasi Makan Dengan Suasana Pedesaan Khas Warung Pecel Omahku

Di jaman sekarang, rumah makan dengan suasana pedesaan jarang ditemukan. Namun, tidak usah bingung, Warung Pecel Omahku kini hadir di tengah Anda untuk menyajikan suasana dan ragam makanan khas pedesaan. Dengan makanan andalan khas Jawa Timur, pengunjung lokal bahkan manca negara dijamin akan men...

Nasi Tumpeng Ternyata Punya Nilai Filosofis Yang Cantik!

Siapa tak kenal dengan nasi tumpeng? Jenis makanan dengan bentuk kerucut kuning ini, memiliki rasa yang begitu nikmat, karena disajikan dengan beragam lauk pauk yang ada. Tumpeng, biasanya dijumpai saat perayaan atau syukuran. Tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, ternyata, tumpeng juga memi...

FAKTA MENCENGANGKAN: Konsumsi Ikan Hiu Justru Sangat Membahayakan!

Selama ini mengkonsumsi ikan hiu selalu menjadi kontroversi, antara alasan kesehatan dan moralitas manusia. Banyak kalangan masih percaya mitos bahwa ikan hiu memiliki manfaat  bagi kesehatan manusia.

Hiu, sebagai spesies yang diklaim hampir punah, selalu diburu untuk diambil daging ...

Konsumsi Es Krim Terbanyak di Dunia Ada di Negara Ini

Siapa yang tak mengenal hidangan pencuci mulut satu ini? Rasanya beraneka macam, ada manis, ada asam, gurih, dan sensasi rasa lainnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia, pasti menyukainya.

Sebagian berpendapat, bahwa Amerika Serikat lah yang menduduki posisi pertam...

WOW, Makanan Ini Menyebabkan Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Konsentrasi saat bekerja sangat diperlukan untuk menunjang performa kerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, seseorang akan lebih cepat merampungkan pekerjaannya. Berbagai macan gangguan yang ternyata dinilai dapat mengganggu konsentrasi kerja seseorang, diantaranya: faktor lingkungan kerja, faktor...