Heartline Network

Empat Cara Pilih Timun Suri Matang dan Manis

Timun suri merupakan salah satu buah-buahan yang populer di bulan puasa. Salah satu jenis mentimun berukuran besar ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang renyah dan daging buah yang harum.

Jika diolah dengan baik, timun suri atau yang disebut Cucumis sativus dalam bahasa latin ini bisa menyegarkan tenggorokan setelah berbuka puasa.

Timun suri yang manis akan memiliki rasa manis yang menyerupai melon kuning. Timun suri ini biasanya dicampur dengan tambahan sirup vanili, sirup kelapa, ataupun air gula, dan es batu untuk membuat rasanya makin segar.

Namun, untuk memaksimalkan rasanya, Anda harus memastikan timun suri yang dipilih sudah matang sempurna. Sama seperti buah-buahan lainnya, timun suri yang belum matang memiliki daging buah yang keras dan juga rasa yang tawar.

Mengutip berbagai sumber, berikut cara memilih timun suri yang sudah matang dan siap diolah jadi es timun suri yang menyegarkan.

1. Retakan
Cara termudah untuk memilih timun suri matang adalah dengan melihat retakan yang ada di kulitnya.

Kulit buah yang retak menjadi penanda timun suri ini masak di pohon. Saat buahnya matang, daging buah timun suri akan mengembang dan membesar sehingga mendorong serta merobek kulit buahnya.

2. Aroma
Timun suri yang matang akan memiliki aroma manis yang segar. Aroma manis ini berasal dari berbagai senyawa kimia alami yang ada di dalam buah.

Namun pastikan aroma manis ini adalah aroma manis yang segar dan tidak berlebihan. Aroma manis yang berlebihan bisa disebabkan oleh pematangan buatan atau karbit.

3. Tekstur
Agar es timun suri buatan Anda makin terasa nikmat, ada baiknya untuk memilih buah yang dagingnya tak terlalu empuk namun matang.

Hindari memilih timun suri yang terlalu lembek atau benyek. Pilihlah timun suri yang matang, harum, namun teksturnya masih renyah.

4. Jangan tertipu kulit
Timun suri tak selalu berwarna kuning. Selain kuning, ada juga timun suri yang memang berwarna hijau.

Jangan tertipu warna kulitnya yang hijau dan beranggapan kalau timun suri ini belum matang. Sama seperti timun suri kuning, timun suri hijau juga punya aroma manis dan kulit yang retak jika sudah matang.

 

Sumber: www.cnnindonesia.com


Artikel Terkait

Sensasi Makan Dengan Suasana Pedesaan Khas Warung Pecel Omahku

Di jaman sekarang, rumah makan dengan suasana pedesaan jarang ditemukan. Namun, tidak usah bingung, Warung Pecel Omahku kini hadir di tengah Anda untuk menyajikan suasana dan ragam makanan khas pedesaan. Dengan makanan andalan khas Jawa Timur, pengunjung lokal bahkan manca negara dijamin akan men...

Nasi Tumpeng Ternyata Punya Nilai Filosofis Yang Cantik!

Siapa tak kenal dengan nasi tumpeng? Jenis makanan dengan bentuk kerucut kuning ini, memiliki rasa yang begitu nikmat, karena disajikan dengan beragam lauk pauk yang ada. Tumpeng, biasanya dijumpai saat perayaan atau syukuran. Tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, ternyata, tumpeng juga memi...

FAKTA MENCENGANGKAN: Konsumsi Ikan Hiu Justru Sangat Membahayakan!

Selama ini mengkonsumsi ikan hiu selalu menjadi kontroversi, antara alasan kesehatan dan moralitas manusia. Banyak kalangan masih percaya mitos bahwa ikan hiu memiliki manfaat  bagi kesehatan manusia.

Hiu, sebagai spesies yang diklaim hampir punah, selalu diburu untuk diambil daging ...

Konsumsi Es Krim Terbanyak di Dunia Ada di Negara Ini

Siapa yang tak mengenal hidangan pencuci mulut satu ini? Rasanya beraneka macam, ada manis, ada asam, gurih, dan sensasi rasa lainnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia, pasti menyukainya.

Sebagian berpendapat, bahwa Amerika Serikat lah yang menduduki posisi pertam...

WOW, Makanan Ini Menyebabkan Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Konsentrasi saat bekerja sangat diperlukan untuk menunjang performa kerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, seseorang akan lebih cepat merampungkan pekerjaannya. Berbagai macan gangguan yang ternyata dinilai dapat mengganggu konsentrasi kerja seseorang, diantaranya: faktor lingkungan kerja, faktor...