Heartline Network

Makanan Terfavorit Orang Indonesia untuk Berbuka Puasa

Selain untuk ibadah, bulan Ramadan juga identik dengan aneka makanan ringan berbuka puasa yang beragam dan unik. Makanan-makanan berbuka puasa atau yang disebut takjil ini biasanya dijual bebas di berbagai tempat, dari restoran, toko kue, sampai penjaja dadakan di pinggir jalan.

Semua penjaja takjil ini umumnya memiliki banyak menu yang menggoda selera. Bukan cuma menggoda selera, mereka juga menghadirkan berbagai kreasi takjil yang hanya disajikan di bulan Ramadan.

Beberapa hidangan takjil yang has di bulan Ramadan antara lain kolak pisang sampai kolak biji salak. Meski demikian, ada juga beragam makanan ringan ‘biasa’  yang juga ada di luar bulan Ramadan tetap populer sebagai takjil. Sebut saja, aneka kue tradisional, gorengan, sampai lontong.

Semua makanan ringan ini dianggap cocok untuk mengisi perut sementara setelah berpuasa seharian. Namun di antara semua jenis takjil yang banyak beredar di pasaran, mana yang paling populer di antara orang Indonesia?

Berdasar polling yang diadakan CNNIndonesia.com, makanan berbuka puasa yang paling favorit adalah gorengan. Beraneka jenis gorengan ini menjadi takjil kesukaan sekitar 39 responden.

Aneka jenis gorengan seperti tempe, bakwan, pisang goreng, sampai tahu goreng yang renyah dianggap sempurna untuk 'menghilangkan' kerinduan akan makanan renyah dan gurih sepanjang hari. Rasa gurihnya juga dianggap mampu mengembalikan selera makan.

Selain itu, kandungan tepung di dalamnya membuat gorengan juga termasuk dalam kategori makanan yang cukup mengenyangkan.

Selain gorengan, kolak terpilih untuk menduduki posisi ke-dua takjil terfavorit. Kolak disukai sekitar 30 persen responden CNNIndonesia.com.

Tak dimungkiri hal ini terjadi karena kolak merupakan salah satu makanan khas Ramadan.

Kekhasan kolak terletak pada rasanya yang manis karena tambahan gula merah. Namun rasa manis ini terasa seimbang dengan gurihnya penggunaan santan kelapa di dalamnya.

Kolak akan terasa mantap dengan isian pisang, kolang-kaling, ubi kayu, dan juga mutiara warna-warni.

Kurma, menduduki posisi tiga sebagai takjil terfavorit. Kurma menjadi takjil pilihan 20 persen responden CNNIndonesia.com.

Buah ini memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga bisa mengembalikan kadar gula darah dengan cepat. Selain itu, buah ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang menyehatkan tubuh.

Untuk berbuka puasa, para ahli menyarankan untuk menyantap setidaknya tiga buah kurma.

Selain semua makanan tersebut, aneka takjil tradisional seperti kue-kue basah juga banyak diminati. Namun kue-kue seperti kue pisang (nagasari), pastel, kue cantik manis, putu ayu, klepon, putu mayang, lupis, dan lainnya hanya jadi pilihan sekitar 11 persen responden CNNIndonesia.com.

 

Sumber: www.cnnindonesia.com


Artikel Terkait

Nasi Liwet Siap Ganti Kepopuleran Ketupat Saat Lebaran

Selama Ramadan dan Lebaran, memang sulit untuk menghindari bersantap dengan makanan berat yang berisiko tinggi kolesterol atau asam urat atau membuat berat badan naik.

Dan, menurut Chef Marinka, suka atau tidak, hidangan seperti itu memang hanya ada pada saat Ramadan dan Lebaran. Jad...

Makanan Terfavorit Orang Indonesia untuk Berbuka Puasa

Selain untuk ibadah, bulan Ramadan juga identik dengan aneka makanan ringan berbuka puasa yang beragam dan unik. Makanan-makanan berbuka puasa atau yang disebut takjil ini biasanya dijual bebas di berbagai tempat, dari restoran, toko kue, sampai penjaja dadakan di pinggir jalan.

Semu...

Empat Cara Pilih Timun Suri Matang dan Manis

Timun suri merupakan salah satu buah-buahan yang populer di bulan puasa. Salah satu jenis mentimun berukuran besar ini memiliki rasa manis dengan tekstur yang renyah dan daging buah yang harum.

Jika diolah dengan baik, timun suri atau yang disebut Cucumis sativus dalam bahas...

Empat Inspirasi Kreatif Mengolah Kurma

Bulan puasa sangat identik dengan kurma. Buah ini dianggap sempurna untuk membantu mengembalikan semangat dan kadar gula dalam tubuh setelah berpuasa seharian. Buah ini memang bisa langsung disantap.

Akan tetapi buah ini juga sebenarnya cocok dijadikan olahan apapun, baik manis atau ...

Kekaguman Belgia akan Kuliner Indonesia yang Kaya Rempah

Warga Belgia ternyata sudah akrab dengan berbagai kuliner Indonesia. Belgia yang terdiri dari tiga wilayah utama yaitu Flanders, Wallonia, dan Brussel sendiri sudah tak asing dengan berbagai kuliner Indonesia. 

Hanya saja pemahaman mereka soal makanan Indonesia sendiri masih ber...