Heartline Network

WOW, Makanan Ini Menyebabkan Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Konsentrasi saat bekerja sangat diperlukan untuk menunjang performa kerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, seseorang akan lebih cepat merampungkan pekerjaannya. Berbagai macan gangguan yang ternyata dinilai dapat mengganggu konsentrasi kerja seseorang, diantaranya: faktor lingkungan kerja, faktor internal pribadi (kesehatan & stress), hingga faktor yang seringkali luput, yaitu faktor makanan.

Berikut, beberapa makanan yang dapat menyebabkan seseorang sulit berkonsentrasi saat bekerja:

Daging olahan

Karena alasan kepraktisan, banyak orang memilih mengolah daging olahan, seperti: sosis dan nugget. Banyak ahli mengatakan bahwa, daging yang telah diolah, mengandung banyak garam yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, diantaranya sakit kepala, hingga kelelahan otak (brain fog). Masalah-masalah kesehatan ini, akhirnya dapat menyebabkan manusia tidak fokus dan sulit mengingat.

Olahan Susu

Senada dengan halnya daging olahan, produk olahan susu juga diklaim telah mengalami banyak proses, sehingga kurang baik untuk kesehatan dan karir Anda. Pasalnya produk olahan susu juga dapat menyebabkan brain fog.

Seorang ahli obat integratif, Garay Kaplan, mengatakan bahwa untuk penderita yang sensitif dan alergi terhadap produk olahan susu, protein akan menjadi ancaman bagi tubuh mereka. Sehingga, tubuh mereka akan memproduksi antibodi untuk “mengejar” mereka.

MSG

Bahan penyedap masakan ini, tanpa sadar sering Anda konsumsi setiap hari. Walaupun bertugas untuk membuat masakan lebih sedap, ternyata, lagi-lagi MSG akan membuat seseorang sulit bekerja akibat brain fog yang ditimbulkan. Alih-alih menggunakan MSG, beralihlah ke bumbu penyedap alami, seperti: bubuk kunyit dan bubuk bawang putih.

Pemanis Buatan

Pemanis buatan juga seringkali dimasukan dalam konsumsi sehari-hari. Jika dikonsumsi berlebihan, akan menimbulkan efek pusing, kebingungan, masalah keseimbangan, hingga kebas. Anda dapat mensiasatinya, dengan tidak sering mengkonsumsi makanan / minuman yang mengandung pemanis buatan, dan dapat menggantinya dengan pemanis alami dalam takaran yang wajar.

Alkohol

Alkohol dapat menurunkan kemampuan otak untuk menggunakan oksigen. Bahkan, Badan Penerbangan Amerika Serikat (FAA) merilis bahwa, pengaruh alhohol dapat berdampak negatif pada otak, mata, dan telinga bagian dalam. Oleh sebab itu, seorang pilot dilarang keras mengkonsumsi alkohol sebelum menerbangkan pesawat. Jika terpapar alkohol, pandangan bisa berbayang dan tidak fokus. Sementara gangguan pada telinga bagian dalam akan menyebabkan gangguan pendengaran dan menyebabkan pusing.

*Dari berbagai sumber

 

Editor: Irene Leonardi / HL – Karawaci

 


Artikel Terkait

FAKTA MENCENGANGKAN: Konsumsi Ikan Hiu Justru Sangat Membahayakan!

Selama ini mengkonsumsi ikan hiu selalu menjadi kontroversi, antara alasan kesehatan dan moralitas manusia. Banyak kalangan masih percaya mitos bahwa ikan hiu memiliki manfaat  bagi kesehatan manusia.

Hiu, sebagai spesies yang diklaim hampir punah, selalu diburu untuk diambil daging ...

Konsumsi Es Krim Terbanyak di Dunia Ada di Negara Ini

Siapa yang tak mengenal hidangan pencuci mulut satu ini? Rasanya beraneka macam, ada manis, ada asam, gurih, dan sensasi rasa lainnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia, pasti menyukainya.

Sebagian berpendapat, bahwa Amerika Serikat lah yang menduduki posisi pertam...

WOW, Makanan Ini Menyebabkan Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Konsentrasi saat bekerja sangat diperlukan untuk menunjang performa kerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, seseorang akan lebih cepat merampungkan pekerjaannya. Berbagai macan gangguan yang ternyata dinilai dapat mengganggu konsentrasi kerja seseorang, diantaranya: faktor lingkungan kerja, faktor...

Hujan, Obama Lahap Santap Bakso di Bogor

Presiden ke-44 Amerika Serikat Barack Obama lahap menyantap bakso saat makan sore bersama Presiden Joko Widodo di Grand Garden Cafe, Kebun Raya Bogor.

Kepala Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden Bey Mahmudin mengatakan, bakso disajikan ketika Obama dan Jokowi masuk ke...

Nasi Liwet Siap Ganti Kepopuleran Ketupat Saat Lebaran

Selama Ramadan dan Lebaran, memang sulit untuk menghindari bersantap dengan makanan berat yang berisiko tinggi kolesterol atau asam urat atau membuat berat badan naik.

Dan, menurut Chef Marinka, suka atau tidak, hidangan seperti itu memang hanya ada pada saat Ramadan dan Lebaran. Jad...