Heartline Network

Nasi Tumpeng Ternyata Punya Nilai Filosofis Yang Cantik!

Siapa tak kenal dengan nasi tumpeng? Jenis makanan dengan bentuk kerucut kuning ini, memiliki rasa yang begitu nikmat, karena disajikan dengan beragam lauk pauk yang ada. Tumpeng, biasanya dijumpai saat perayaan atau syukuran. Tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, ternyata, tumpeng juga memiliki nilai filosofis yang indah.

Saat momen perlombaan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus, setiap tahunnya, juga sering dijumpai lomba menghias tumpeng.

Dari zaman dahulu, nasi tumpeng sudah dijadikan simbol persembahan. Bentuknya yang kerucut melambangkan gunung, dipercaya masyarakat sebagai tempat peristirahatan arwah nenek moyang. Nasi tumpeng dapat pula diartikan sebagai bentuk representasi antara Tuhan dengan manusia, dan manusia dengan sesamanya.

Dalam Kitab Tantupanggelaran atau dikenal dengan kitab zaman majapahit, diceritakan bahwa ketika Pulau Jawa berguncang, Batara Guru dalam konsep Hindu memerintahkan untuk membawa Puncak Mahameru India untuk menstabilkan Pulau Jawa. Pengaruh Hindu inilah yang kemudian membuat tumpeng sering dikaitkan dengan Gunung Semeru.

Pelengkap tumpeng biasa disusun secara horizontal, yang melambangkan hubungan manusia dengan sesamanya. Sementara keragaman lauk pauk, melambangkan kehidupan manusia yang kompleks. Lauk pauknya sendiri terdiri dari 7 macam, dalam bahasa Jawa disebut pitu, kata ini merujuk pada kata pitulungan atau pertolongan.

Disamping itu, tumpeng biasa disajikan dengan olahan ayam jantan utuh, yang memiliki makna penyembahan yang utuh pada Tuhan. Hal ini bisa diartikan seperti ungkapan penuh syukur kepada Tuhan atas pertolongan yang diberikan.

 

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Sensasi Makan Dengan Suasana Pedesaan Khas Warung Pecel Omahku

Di jaman sekarang, rumah makan dengan suasana pedesaan jarang ditemukan. Namun, tidak usah bingung, Warung Pecel Omahku kini hadir di tengah Anda untuk menyajikan suasana dan ragam makanan khas pedesaan. Dengan makanan andalan khas Jawa Timur, pengunjung lokal bahkan manca negara dijamin akan men...

Nasi Tumpeng Ternyata Punya Nilai Filosofis Yang Cantik!

Siapa tak kenal dengan nasi tumpeng? Jenis makanan dengan bentuk kerucut kuning ini, memiliki rasa yang begitu nikmat, karena disajikan dengan beragam lauk pauk yang ada. Tumpeng, biasanya dijumpai saat perayaan atau syukuran. Tidak hanya memiliki tampilan yang cantik, ternyata, tumpeng juga memi...

FAKTA MENCENGANGKAN: Konsumsi Ikan Hiu Justru Sangat Membahayakan!

Selama ini mengkonsumsi ikan hiu selalu menjadi kontroversi, antara alasan kesehatan dan moralitas manusia. Banyak kalangan masih percaya mitos bahwa ikan hiu memiliki manfaat  bagi kesehatan manusia.

Hiu, sebagai spesies yang diklaim hampir punah, selalu diburu untuk diambil daging ...

Konsumsi Es Krim Terbanyak di Dunia Ada di Negara Ini

Siapa yang tak mengenal hidangan pencuci mulut satu ini? Rasanya beraneka macam, ada manis, ada asam, gurih, dan sensasi rasa lainnya. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia, pasti menyukainya.

Sebagian berpendapat, bahwa Amerika Serikat lah yang menduduki posisi pertam...

WOW, Makanan Ini Menyebabkan Sulit Berkonsentrasi Saat Bekerja

Konsentrasi saat bekerja sangat diperlukan untuk menunjang performa kerja. Dengan konsentrasi yang tinggi, seseorang akan lebih cepat merampungkan pekerjaannya. Berbagai macan gangguan yang ternyata dinilai dapat mengganggu konsentrasi kerja seseorang, diantaranya: faktor lingkungan kerja, faktor...