Heartline Network

Membangun Manusia melalui Pecel

Ada yang unik dengan topik pembahasan program "Inspiraton with Djoko Kurniawan" kali ini. Pasalnya episode kali ini menghadirkan  salah seorang pebisnis handal, David Tan. David terkenal dengan motonya "kita bisa membangun manusia lewat bisnis"Owner "Warung Pecel Mbo’ Sum" ini berpendapat bahwa, bisnis yang nantinya akan besar, yang akan berdampak, adalah membangun manusia melalui bisnis, bukan membangun bisnis melalui manusia.

Saat ditanya mengapa memilih pecel, David menjawab bahwa awalnya Ia berpikir untuk melestarikan makanan Indonesia dan berkontribusi terhadap bangsa dan negara. Sebenarnya banyak makanan Indonesia yang ingin diangkat, tapi supaya lebih spesifik, dimulai dari makanan Jawa Timur. Di "Warung Pecel Mbo’ Sum"  tersedia menu pecel, rawon, dan penyet khas Surabaya.

Bagaimana dapat membangun manusia melalui pecel? David awalnya terpikir untuk membangun orang, karena bisnis rumah makan pasti berhubungan dengan orang. Tidak mungkin untuk membangun sebuah bisnis yang besar hanya seorang diri, karena itu dibuat peraturan bahwa bahwa satu warung cukup memiliki 5 sampai 6 orang karyawan. Mimpi David adalah dalam 10 tahun akan ada 1000 warung dan akan ada 5000 orang yang diberi makan.

Inilah inti membangun manusia melalui pecel, David menjelaskan bahwa makanan diperuntukkan bagi tubuh, jiwa dan roh. Tubuh berbicara tentang pemasukan atau gaji yang cukup bahkan di atas rata-rata, di bagiannya masing-masing. Ia menjelaskan bahwa jiwa pekerja harus ada di tempat ini, mereka harus belajar banyak, jadi disiapkan berbagai pelatihan agar mereka bisa menjadi pekerja yang profesional.Tentang roh, apa pun agama mereka, mereka harus menjalankan ibadahnya mereka dengan benar yang sesuai dengan keyakinan mereka. Karena produk yang dijual sebenarnya bukan pecel, tetapi kebaikan. Namun, kebaikan itu dibungkus lewat pecel, ungkapnya.

David berprinsip bahwa sebelum membagikan kebaikan, orang harus bisa menghidupi kebaikan terlebih dahulu. David memberi contoh yang diterapkan pada karyawannya bahwa, jika mereka belum menjalankan ibadah dengan baik dan benar, bagaimana bisa memberikan kebaikan kepada setiap customer yang datang.

“Kalau ingin berbuat kebaikan jangan menunggu hari raya. Setiap orang yang keluar dari kantornya, walau pun mereka pakai dasi, berpakaian rapih, memangnya mereka tidak berbeban berat? Jadi cukup mereka datang ke warung kita, kamu berikan senyum yang tulus dari hati yang baik, dengan memberikan pelayanan yang baik, dengan membuatkan makanan dengan proses yang baik, dengan pemilihan makanan yang baik yang pertama kali kamu beli di pasar karena ini akan masuk di perut mereka, itu saja sudah pelayanan kita buat mereka,” Ia menjelaskan.

Hal ini terus ditekankan dan diterapkan oleh David kepada karyawan-karyawannya. Selain itu, David juga menerapkan ilmu parenting, yakni dia menganggap setiap karyawannya sebagai anak-anaknya. Untuk membagikan kebaikan, kita harus merasakan kebaikan itu dahulu. Dari cara seorang pemimpin memperlakukan, menyapa karyawannya, sampai pada berkumpul untuk berbagi mengenai hal-hal spiritual dan tentang apa yang sebenarnya Tuhan inginkan.

Djoko Kurniawan menambahkan bahwa, manusia itu bisa sukses jika spiritualnya bagus, selain emotion dan intelektualnya. Bisnis yang baik dibangun mulai dari spiritual, sehingga bisnis tersebut akan berjangka panjang. Selain itu, harus ada seorang figur teladan yang dapat dilihat agar mereka mengikuti hal-hal baik, ungkap Djoko.

 

Inspiration with Djoko Kurniawan

Setiap hari Rabu,pukul 16.00 WIB

Hanya di Radio Heartline 100,6 FM

Live streaming www.heartline.co.id


Artikel Terkait

Pilih Mana: Mie VS Bakso

Terdapat dua jenis makanan yang menjadi makanan favorit masyarakat Indonesia, yaitu: Mie dan Bakso. Sebagian orang lebih memilih mie, dan sebagian lagi memilih bakso. Ada juga yang merasa bahwa mie dan bakso bisa saling melengkapi saat dihidangkan. Ada yang suka makan mie ditambah dengan bakso da...

Olahan Salted Egg yang Mudah Dibuat

Salted egg menjadi salah satu olahan makanan yang sedang banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Salted egg merupakan olahan makanan yang terbuat dari saus telur asin. Awalnya, olahan makanan ini banyak ditemukan di restoran negara Singapura dan Hongkong.

Kemudian, kare...

Street Food Masa Kini

Kita pasti sering membeli jajanan kaki lima di dekat rumah, sekolah, kantor, atau mungkin di pinggir jalan saat menuju suatu tempat. Biasanya jajanan ini harganya murah meriah dan memiliri rasa yang cukup enak serta membuat ketagihan. Mengikuti perkembangan zaman, jajanan kaki lima yang biasa kit...

Membangun Manusia melalui Pecel

Ada yang unik dengan topik pembahasan program "Inspiraton with Djoko Kurniawan" kali ini. Pasalnya episode kali ini menghadirkan  salah seorang pebisnis handal, David Tan. David terkenal dengan motonya "kita bisa membangun manusia lewat bisnis&...

Sensasi Makan Dengan Suasana Pedesaan Khas Warung Pecel Omahku

Di jaman sekarang, rumah makan dengan suasana pedesaan jarang ditemukan. Namun, tidak usah bingung, Warung Pecel Omahku kini hadir di tengah Anda untuk menyajikan suasana dan ragam makanan khas pedesaan. Dengan makanan andalan khas Jawa Timur, pengunjung lokal bahkan manca negara dijamin akan men...