Heartline Network

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden Joko Widodo.

"(Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila) Segera. Sudah ditandatangani Presiden," kata Wiranto di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (30/5).

Meski demikian, Wiranto mengaku belum mengetahui kapan lembaga tersebut akan diumumkan. Dia berkata akan menanyakan hal itu terlebih dahulu kepada Presiden Jokowi.

"Saya tanyakan dulu. Bukan saya yang menetukan tapi sesegera mungkin. Pemantapan Pancasila harus kita selesaikan," katanya.

Nantinya, kata Wiranto, badan ini akan bekerja langsung di bawah Presiden Jokowi dalam sebuah unit kerja Presiden. Walaupun Wiranto hingga kini belum memberikan detail terhadap badan tersebut.

Selain itu, pembentukan badan itu juga akan dibarengi dengan lembaga yang diberi kewenangan untuk melakukan pemantapan bela negara.

"Dalam waktu singkat ini akan kita undangkan Dewan Ketahanan Nasional yang pada pemerintahan yang dulu tugasnya membuat garis-garis besar haluan negara," katanya.

Secara terpisah, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat mengatakan, pembentukan Badan Pemantapan Pancasila mendesak dilakukan. Apalagi menurutnya ada jeda waktu terkait pemahaman Pancasila di era orde baru ke zaman reformasi.

Hanya saja, kata dia, pemahaman Pancasila penting dilakukan untuk membangun karakter dari bangsa Indonesia.

"Bung Karno di awal kemerdekaan yang penting membangun nation character building supaya punya karakter khas Indonesia. Kalau Orde Baru, metodenya indoktrinatif dan menjadi alat kekuasaan untuk menekan," kata Arief di Istana Bogor.

Dengan demikian, pemahaman terhadap Pancasila pada hari ini harus menggunakan metode yang implementatif. Metode saat order baru disebutnya sudah tidak dapat lagi digunakan.

(Sumber: www.cnnindonesia.com)


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...