Heartline Network

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu diantaranya, ambulans 24 jam, pos kesehatan, puskesmas, rumah sakit, kantor kesehatan pelabuhan, serta public safety center (PSC).

Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Bambang Wibowo mengatakan, ambulans yang disiagakan 24 jam terdiri dari ambulans roda dua dan roda empat.

"Nanti ada yang standby, ada juga yang keliling, antisipasi saat macet ada pemudik yang pingsan atau mengalami gangguan kesehatan dalam mobil," kata Bambang di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, kemarin.

Layanan ini, kata Bambang, akan menjangkau pemudik yang menuju wilayah-wilayah di daerah Pulau Jawa, Bali, dan Sumatera terutama daerah Lampung.

Fasilitas layanan kesehatan ini juga akan tersedia di ruas jalur tol baru yang masih minim fasilitas permanen seperti tol Pemalang-Batang di Jawa Tengah yang merupakan lanjutan dari Tol Pejagan-Brebes.

Seluruh fasilitas kesehatan ini, lanjut Bambang akan mulai beroperasi pada H-7 lebaran hingga H+7 lebaran. 

Jumlah fasilitas pelayanan kesehatan yang disediakan oleh Kemenkes tahun ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun lalu.

Penambahan dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pemudik serta meminimalisir jatuhnya korban jiwa pada saat aktivitas mudik berlangsung.

"Kalau dibandingkan tahun lalu jelas meningkat, sekitar 200-an, kalau tahun lalu cuma 3.583 fasilitas pelayanan kesehatan saja, sekarang malah 3.826," kata dia.

Selain menyediakan ambulans di jalur darat, Kementerian kesehatan juga akan menyiagakan fasilitas kesehatan untuk pemudik yang menggunakan transportasi air.

"Misal laut dan pelabuhan, kami sudah beroperasi H-14 hingga H 14 lebaran, rentangnya seminggu perbedaan," katanya.

Sumber: www.cnnindonesia.com


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...