Heartline Network

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas Jalan  Gatot Subroto dan Jalan Jendral Sudirman.

Dikatakan oleh pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bahwa fisik dari simpang susun Semanggi, yang berbentuk jalan layang, sudah hampir rampung. Namun, tetap harus diuji kelayakannya.

Pengujian yang meliputi uji beban statik, dinamik jembatan, dan uji coba operasi, akan dilaksanakan mulai dari tanggal 13 hingga akhir Juli 2017, oleh Komite Keamanan Jembatan Panjang dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR.

Bertepatan dengan hari Kemerdekaan RI, Presiden Joko Widodo berencana meresmikan jalan layang senilai Rp 345 miliar tersebut.

Bila ditilik dari sisi konstruksi, simpang susun ini terbagi menjadi 4 bentang jalan layang, diantaranya: Bentang Plaza Semanggi, Bentang Polda Metro Jaya, Bentang Hotel Sultang, dan Bentang Wisma Mulia atau BRI.

Bila diamati dari atas, proyek ini memiliki dua lintasan berbentuk setengah lingkaran. Apabila digabungkan, maka kedua lintasan ini seolah-olah membentuk satu lingkaran penuh.

 

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...