Heartline Network

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangkat tema pembahasan "Peran Aktif dan Pendayagunaan Seluruh Komponen dan Potensi Bangsa dalam Menghadapi Keadaan Darurat Narkotika Menuju Indonesia yang Sehat", BNN mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersatu padu dalam memahami pentingnya upaya pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan, dan peredaran gelap narkotika, atau lebih dikenal dengan gerakan P4GN.

Mengutip pernyataan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, Kepala BNN Budi Waseso mengatakan bahwa, Indonesia saat ini masih dalam situasi darurat narkoba.

Budi mengatakan bahwa HANI memiliki keprihatinan akan penyalahgunaan narkoba yang terjadi. Untuk itu Beliau mengatakan bahwa, perlu adanya kesadaran bersama untuk melawan kejahatan narkotika.

Lebih lanjut dikatakan bahwa, narkoba merupakan ancaman kejahatan yang dapat menghancurkan bangsa. Untuk itu gerakan P4GN amat perlu dukungan dari seluruh instansi yang ada di pemerintahan.

Salah satu survei yang dilakukan bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) mencatat, terdapat 1,9 persen pengguna narkotika dikalangan pelajar dan mahasiswa. Bila diumpamakan, terdapat 2 dari 11 pelajar di Indonesia menjadi pengguna narkoba.

Beliau menegaskan bahwa perlawanan terhadap narkoba tidak boleh tanggung-tanggung. Ia mengapresiasi Pemerintahan Kalimantan Timur, Sumatera Utara, Maluku Utara, Surabaya, dan Tulungagung, yang telah bekerja sama dengan BNN dengan memasukan materi gerakan P4GN dalam kurikulum sekolah. Begitu pula dalam rangka mengupayakan gerakan P4GN, TNI rutin melaksanakan cek urine di lingkungan TNI.

Atas dasar berbagai upaya yang dilakukan untuk mendukung gerakan P4GN, pemerintah daerah dan berbagai elemen lainnya tersebut, mendapatkan Penghargaan HANI 2017 dari BNN.

Berbagai petinggi juga turut hadir dalam puncak peringatan HANI 2017 ini, diantaranya: Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Wiranto, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Peran Pendidikan Dalam Dunia Startup

Banyak orang berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Seseorang mampu bangkit kembali dari kegagalan jika ia sudah dilatih agar tahan banting. Dalam hal ini, pendidikan menjala...

Tidak Registrasi Nomor Pelanggan Sesuai Dengan NIK, Bersiaplah Diblokir!

Mulai tanggal 31 Oktober 2017, pelanggan jasa komunikasi Indonesia wajib meregistrasikan nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ketetapan ini telah diatur dalam Pera...

Bekerja dengan Hati

Sering kali terlihat orang yang bekerja tidak sesuai dengan kecintaannya pada bidang tersebut. Atau, bahkan itu yang Anda rasakan sendiri? Padahal bekerja sesuai kecintaan dan passion...

Masalah Bisa Menghasilkan Uang

Siapa yang akan mengira jika sebuah masalah mampu menjadi peluang untuk menghasilkan uang? Dalam dunia startup, masalah merupakan asal mula sebuah bisnis terbentuk. Solusi dari masalah yan...

Para Penulis Cinta

Novel salah satu karya sastra yang menarik banyak perhatian masyarakat. Khususnya, novel yang bergenre romantic atau love story, yang dinilai sangat menarik bagi...