Heartline Network

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lembaga penyalur BBM tersebut, akan fokus pada 4 titik, diantaranya: Halmahera Selatan (Maluku Utara), Pulau Kabaruan, Pulau Karakelang (Sulawesi Utara), dan Pulau Seram (Barat Maluku).

Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito, menerangkan bahwa dengan beroperasinya lembaga penyalur di 4 titik ini, diharapkan dapat menolong perekonomian masyarakat setempat.

Selama ini menurutnya, masyarakat terpaksa membeli BBM di pengecer dengan harga Rp 15.000 – 25.000 / liter. Dengan realisasi BBM Satu Harga ini, diharapkan masyarakat dapat membeli premium seharga 6.450 rupiah / liter, dan solar seharga 5.150 rupiah / liter.

Hingga akhir Juni 2017, realisasi pengoperasian lembaga penyalur BBM Satu Harga di seluruh Indonesia, telah mencapai 21 titik di daerah Terdepan, Terluar, & Tertinggal (3T).

21 Titik tersebut meliputi 8 titik bagian dari program Papua Satu Harga, 1 titik di Krayan (Kalimantan Utara), dan 12 dari 54 titik, yang akan menjadi target pelaksanaan program BBM Indonesia Satu Harga pada tahun ini.

Diakui bahwa proses pemetaan hingga pada tahap realisasi program BBM Satu Harga ini, memerlukan waktu yang tidak sedikit. Pasalnya, setelah menentukan lokasi, Pertamina perlu mensurvei transportasi BBM, menggandeng investor lokal, membangun infrastruktur, hingga menyediakan lembaga penyalur berupa Agen Premium Minyak & Solar .

Sesuai agenda yang disepakati dalam realisasi BBM Satu Harga, pemerintah Indonesia telah menargetkan pengoperasian 150 lembaga penyalur hingga 2019 yang akan datang. Masing – masing 54 titik pada tahun 2017, 50 titik pada 2018, dan 46 titik pada 2019 mendatang.

Lebih lanjut, estimasi penyaluran BBM di daerah-daerah yang menjadi target program BBM Satu Harga akan mencapai 215 kiloliter (KL) pada 2017 dan menjadi 580 ribu kiloliter pada 2019.

Editor: Irene Leonardi / Heartline - Karawaci

 


Artikel Terkait

Peran Pendidikan Dalam Dunia Startup

Banyak orang berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Seseorang mampu bangkit kembali dari kegagalan jika ia sudah dilatih agar tahan banting. Dalam hal ini, pendidikan menjala...

Tidak Registrasi Nomor Pelanggan Sesuai Dengan NIK, Bersiaplah Diblokir!

Mulai tanggal 31 Oktober 2017, pelanggan jasa komunikasi Indonesia wajib meregistrasikan nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ketetapan ini telah diatur dalam Pera...

Bekerja dengan Hati

Sering kali terlihat orang yang bekerja tidak sesuai dengan kecintaannya pada bidang tersebut. Atau, bahkan itu yang Anda rasakan sendiri? Padahal bekerja sesuai kecintaan dan passion...

Masalah Bisa Menghasilkan Uang

Siapa yang akan mengira jika sebuah masalah mampu menjadi peluang untuk menghasilkan uang? Dalam dunia startup, masalah merupakan asal mula sebuah bisnis terbentuk. Solusi dari masalah yan...

Para Penulis Cinta

Novel salah satu karya sastra yang menarik banyak perhatian masyarakat. Khususnya, novel yang bergenre romantic atau love story, yang dinilai sangat menarik bagi...