Heartline Network

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit menyerupai alat pencacah daging.

Kepolisian melakukan penggerebekan yang berlokasi di Sydney, Sabtu (29/7) malam lalu, waktu setempat. Empat pria yang dicurigai sebagai tersangka, akhirnya ditangkap.Mereka merupakan dua orang waga negara Australia keturunan Libanon, beserta kedua anak lelaki mereka.

Para tersangka tersebut berencana membawa alat pencacah daging itu ke dalam kabin pesawat dari Sydney menuju ke negara Timur Tengah. Alat tersebut telah dirancang dan diisi dengan serpihan kayu dan material peledak lainnya.

Dalam pemeriksaannya, diketahui bahwa alat tersebut juga dapat mengeluarkan gas beracun dengan kandungan sulfur, yang dapat menyebabkan seluruh penumpang pesawat pingsan, bahkan meninggal dalam penerbangan.

Usai digagalkannya rencana terror bom rakitan ini, pengamanan di sejumlah bandara domestik dan internasional Australia, lebih diperketat. Para pernumpang dihimbau untuk tiba lebih awal, guna menghindari keterlambatan akibat waktu pemeriksaan di bandara yang lebih lama, dan juga himbauan untuk mengurangi jumlah bawaan.

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...