Heartline Network

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak mengenakan pakaian adat.

Presiden Jokowi nampak menggunakan pakaian adat Bugis, sementara Wapres JK, nampak menggunakan baju adat Jawa.

Kepala Staff Kepresidenan Teten Masduki, saat dimintai keterangan, menjelaskan bahwa pakaian adat yang dikenakan oleh kedua sosok pimpinan negara ini sangat pas dengan momen hari kemerdekaan negara Indonesia, esok hari (17/08). Menurut Teten, melalui momentum ini, baik Presiden maupun Wapres ingin mengingatkan akan keberagaman budaya di Indonesia.

Lebih lanjut, Ia pun menceritakan bahwa, dulu kemerdekaan Indonesia diperjuangkan oleh berbagai suku-suku yang ada untuk menjadi suatu kekuatan. Hingga saat ini, Indonesia dapat meraih kemerdekaan sebagai negara yang besar.

Jika diperhatikan dengan lebih seksama, ternyata pakaian adat asal Bugis yang dikenakan oleh Presiden Jokowi adalah pakaian adat dari daerah asal Wapres JK. Begitupun sebaliknya, pakaian adat yang dikenakan Wapres JK adalah pakaian adat dari daerah asal Presiden Jokowi.

Teten pun kembali menegaskan bahwa, lagi-lagi kedua sosok pemimpin negara ini ingin mencontohkan bahwa, sebagai warga negara Indonesia hendaknya masyarakat tidak lagi mengedepankan ego kesukuan masing-masing daerah. Indonesia itu memiliki kesatuan dari beragam perbedaan yang ada. Sehingga, dalam menggunakan pakaian adat daerah lain, tidak perlu dijadikan masalah.

 

Editor: Irene Leonardi / HL - Karawaci


Artikel Terkait

Mengenal Sosok Presiden Wanita Pertama Singapura

Ada yang unik pada pemilihan presiden Singapura tahun ini. Pasalnya, Singapura tidak perlu repot-repot menggelar pemungutan suara tahun ini.

Halimah Yacob, sang mantan Ketua Parlemen Singap...

Menilik Konflik Kemanusiaan di Rakhine

Konflik kemanusiaan terhadap etnis Rohingnya di Rakhine, Myanmar, kembali terjadi dan menjadi sorotan dunia internasional. Berbagai lapisan masyarakat di berbagai negara turut prihatin akan kondisi...

Dunia Kecam Uji Coba Nuklir Korut

Korea Utara (Korut) yang terkenal sebagai negara komunis, telah mendapat banyak kecaman dari internasional. Pasalnya, Korut telah menggelar uji coba nuklir terbarunya pada Minggu (3/9) yang lalu. U...

Memperingati HUT RI Ke-72, Polda Banten Gelar Istighosah Kemerdekaan

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-72, Polda Banten menggelar acara Istighosah Kemerdekaan pada hari Sabtu (26/06/17) lalu. Acara dimulai sekitar pukul 20.30 dan ...

Perang Terhadap Provokasi Isu SARA

Saracen merupakan kelompok yang kerap menyebarkan ujaran kebencian (hate speech) dengan topik  isu berbau suku, agama, ras, dan antar golongan (SARA). Kelompok ini memiliki ribuan aku...