Heartline Network

Menilik Bisnis Startup di Indonesia

Bisnis startup diartikan sebagai sebuah perusahaan yang baru saja dibangun atau yang belum lama beroperasi. Namun, bisnis ini hanya berlaku untuk bidang teknologi, khususnya teknologi informasi.

Bisnis startup sendiri semakin banyak peminatnya terutama di kalangan anak muda. Bisnis ini dinilai sangat menjanjikan, sehingga kian menjamur dan digandrungi anak muda untuk dijadikan peluang usaha.

Melihat fenomena tersebut, Radio Heartline Tangerang menyiarkan tayangan perdananya mengenai “Start Up Channel” di Koze Cafe, Gading Serpong bersama dengan Candri Candiawan (CEO and Co-Founder Gratiser), Ali Kusnadi (Co-Founder KelasKita), dan M. Asep Indrayana (Co-Founder & CIO KelasKita).

Memulai bisnis melalui internet memang banyak peminatnya, jika kita lihat melalui media sosial, toko-toko online sudah tidak terhitung jumlahnya. Tidak heran jika adanya pemerintah mengedarkan wacana wajib pajak bagi pelaku usaha online.

Untuk memulai sebuah usaha, perlu adanya komitmen sebagai modal usaha. Candri menyarankan, siapapun yang ingin memulai usaha tidak perlu takut. Ia juga mengatakan agar memulai usaha dari apa yang Anda miliki dan menggunakan sosial media yang sudah tersedia.

Sementara itu, Ali dan Asep menyarankan, jika siapapun ingin memulai usaha, tidak perlu takut untuk bergabung dengan mitra maupun orang lain jika memiliki ide dan tujuan yang sama.

Selama berbisnis tentunya akan ada banyak pesaing. Candri mengatakan bahwa hal tersebut adalah hal yang wajar dalam dunia bisnis. Hanya saja bagaimana cara kita menghadapi pesaing itulah yang penting.

Bisnis itu harus ada nilai dan dampaknya untuk customer. Mindset anda saat awal memulai usaha juga harus ditentukan, apakah anda mau memberi yang terbaik kepada customer atau tidak.

Dalam dunia bisnis, bisnis yang dijalankan harus berbeda dengan bisnis orang lain. Produk  yang dijual boleh sama, tetapi bagaimana agar produk itu inovatif, itulah yang membedakannya.

Tentunya dengan adanya produk yang inovatif, para investor akan sangat tertarik dengan produk tersebut. Perlu diingat bahwa investor juga memegang peranan penting dalam sebuah bisnis.

“Kompetisi pasti ada, tapi bagaimana kita punya difensiasinya janga asal beda, kalau ngga ada value percuma. Jadi kita harus yakin bahwa yang mau kita eksekusi ini memang merupakan solusi yang troublenya ada,” pesan Candri Candiawan selaku CEO dan Co-Founder Gratiser.

Mari bergabung bersama Radio Heartline Tangerang dalam diskusi mengenai bisnis startup. Program ini langsung disiarkan dari Koze Cafe, Ruko Medrisio 1 Blok D No. 7, Cihuni, Pagedangan,, Jl. BSD Raya Utama, Medang, Pagedangan, Tangerang, Banten 15334.

Start Up Channel

Setiap Senin pukul 08.00-09.30 WIB.

 

Only on 100,6 Heartline FM !

Live streaming: www.heartline.co.id

Apps: Heartline - Karawaci

 


Artikel Terkait

Peran Pendidikan Dalam Dunia Startup

Banyak orang berkata bahwa kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Seseorang mampu bangkit kembali dari kegagalan jika ia sudah dilatih agar tahan banting. Dalam hal ini, pendidikan menjala...

Tidak Registrasi Nomor Pelanggan Sesuai Dengan NIK, Bersiaplah Diblokir!

Mulai tanggal 31 Oktober 2017, pelanggan jasa komunikasi Indonesia wajib meregistrasikan nomor pelanggan yang divalidasi dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK). Ketetapan ini telah diatur dalam Pera...

Bekerja dengan Hati

Sering kali terlihat orang yang bekerja tidak sesuai dengan kecintaannya pada bidang tersebut. Atau, bahkan itu yang Anda rasakan sendiri? Padahal bekerja sesuai kecintaan dan passion...

Masalah Bisa Menghasilkan Uang

Siapa yang akan mengira jika sebuah masalah mampu menjadi peluang untuk menghasilkan uang? Dalam dunia startup, masalah merupakan asal mula sebuah bisnis terbentuk. Solusi dari masalah yan...

Para Penulis Cinta

Novel salah satu karya sastra yang menarik banyak perhatian masyarakat. Khususnya, novel yang bergenre romantic atau love story, yang dinilai sangat menarik bagi...