Heartline Network

Bekerja Fulltime Dari Internet

Bisnis startup saat ini kian menjadi tren, seiring dengan perkembangan teknologi internet. Tidak tanggung-tanggung bisnis startup kini pun seakan menjadi ajang pembuktian diri para entrepreuner muda.

Pengguna internet pun semakin hari semakin meningkat dan hingga saat ini pengguna internet di Indonesia terdata mencapai lebih dari 132 juta orang. Itulah sebabnya bisnis berbasis internet memiliki prospek yang sangat bagus, karena setiap orang dapat menghasilkan uang dari internet, dimanapun dan kapanpun.

Radio Heartline Tangerang  dalam program Startup Channel pada edisi 23 Oktober 2017 menghadirkan Renaldo Sutjiady (Progam Officer Skystar Ventures UMN), Andreas Agung Bawono, ST (Pakar Digital Marketing), dan Reynaldo Lionardi (CEO of sneakcare.id) untuk membahas lebih jauh tentang bisnis startup di Indonesia.

Pada tahun 2017, jumlah startup di Indonesia telah mencapai 2000-an. Andreas yang berprofesi sebagai Pakar Digital Marketing, dalam diskusi tersebut memprediksikan bahwa pada tahun 2020, jumlah startup akan naik 6 hingga 7 kali lipat dari jumlah saat ini.

Dengan adanya teknologi internet, memulai bisnis tidak perlu lagi dipusingkan dengan keharusan membuka toko fisik. Inilah yang juga dialami oleh Andreas. Ia mengatakan tren ini dapat menginsprirasi banyak orang yang ingin berbisnis, tanpa harus merasa repot untuk mengurus toko fisik.

Dalam diskusi pagi yang dipandu oleh Jose Marwan dan Djoko Kurniawan tersebut, dikatakan bahwa tantangan utama bagi seorang pebisnis adalah produk atau jasa yang dihasilkan harus dapat diterima oleh masyarakat dan juga harus kreatif, yang artinya packaging-nya harus berbeda dari yang lain.

Sama halnya dengan sneakcare.id  yang merupakan sebuah brand usaha dalam bidang pembersihan sepatu secara profesional. Aldo mengatakan bahwa proses pembersihan sepatu yang Ia kelola ini, bukan hanya sekedar pencucian biasa saja. Ia mengatakan bahwa pihaknya mencoba menawarkan beragam jasa yang berbeda untuk merawat sepatu kesayangan customer. Untuk menjalankan bisnisnya, Aldo pun menggandeng beberapa startup online untuk mensupport bisnisnya.

Sebagai pemula dalam bisnis, penting untuk menaikan ranking dalam fungsi pencarian google, agar bisnis startup banyak dikenal luas oleh masyarakat. Bagaimana caranya? Andeas membagi beberapa tips mengenai hal ini, diantaranya mengunggah beragam artikel secara rutin dan setiap artikel yang dibuat haruslah asli, dan tidak sekedar copy-paste, serta harus bermanfaat. Menurutnya Content is the King.

Andreas juga membagikan 3 pesan untuk anak muda yang ingin mencoba bisnis startup. Pertama, kembangkan ide atau kreativitas. Kedua, jalani promosi digital secara masif (gunakan social media secara maksimal untuk keperluan promosi), dan yang terakhir, Beliau berpesan untuk tidak mudah menyerah.

Ikuti terus siaran langsung program ”Startup Channel” dari Koze Cafe (Ruko Medrisio 1 Blok D No. 7, Gading Serpong, Tangerang) setiap Senin, pukul 08.00-09.30 WIB. Anda juga bisa mendengarkannya di Radio Heartline Tangerang 100.6 FM atau streaming di www.heartline.co.id.

 


Artikel Terkait

Mendapatkan Peluang Bisnis dari Segala Situasi

Sekarang ini semakin banyak bisnis startup baru yang bermunculan. Dari e-commerce hingga bisnis makanan kecil sekalipun, seperti cemilan. Pada kesempatan kali ini, program St...

The Heart of Fashion with Handy Hartono

Indonesia memiliki banyak kebudayaan, salah satunya adalah kekayaan akan kain tradisional yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Kain tradisional memiliki nilai seni yang tinggi. Saat ini kai...

Survei Pasar Sebagai Fondasi Berbisnis

Opini masyarakat merupakan suatu hal yang dapat membantu pebisnis dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Oleh sebab itu, sebelum memulai sebuah bisnis, sangat perlu untuk melakukan survei pasar t...

Impactful Coaching

Apakah belakangan ini Anda sering mendengar kata coach, yang digunakan untuk menyebut seorang pelatih? Namun,  apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah coaching? Bagaimana...

Ide Bisnis Yang Melawan Mainstream

Menciptakan sebuah bisnis perlu adanya sebuah produk atau jasa yang menjual dan memiliki value. Bisnis yang dibentuk dengan value pasti akan mampu bertahan dalam jangka wangku yan...