Heartline Network

Impactful Coaching

Apakah belakangan ini Anda sering mendengar kata coach, yang digunakan untuk menyebut seorang pelatih? Namun,  apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah coaching? Bagaimana coaching yang berdampak? Dimana saja coaching dapat diterapkan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas, Radio Heartline Tangerang dalam rangkaian program Heartline Coffee Morning mengundang beberapa narasumber yang profesional dari Cherish Indonesia, diantaranya Dr. Paulus Kurnia, David Purnomo, Gerna Situmeang, dan Jusuf Arbianto yang berbagi ilmu mengenai Impactful Coaching.

Coaching merupakan salah satu cara membantu orang untuk menolong dirinya sendiri agar dapat bergerak maju. Seorang coach akan berusaha menggali apa permasalahan utama yang sedang dialami client dan selalu berada di sampingnya. Seorang coach tidak memberikan solusi, karena jika memberikan solusi, client akhirnya tidak akan belajar untuk menemukan jawaban utama dari masalah yang dihadapinya. Oleh karena itu, menurut Paulus, coaching berbeda dengan teaching, mentoring, dan konseling.

David menambahkan bahwa, seorang coach itu memiliki posisi sebagai helper. Seorang coach akan membantu client untuk menemukan jawaban atas permasalahannya dan menjadi seseorang yang akhirnya bisa berdampak bagi orang lain. Coach akan banyak bertanya agar client berpikir apa yang sebenarnya menjadi permasalahannya dan akhirnya dapat menemukan jawabannya sendiri.

Seorang coach tidak melulu harus lebih paham atau lebih pintar dari client, berbeda dengan mentor dan konselor. Gerna mengatakan bahwa seorang mentor dan konselor, setidaknya butuh pengalaman yang lebih banyak. Hal tersebut dikarenakan sifat mentoring adalah telling, memberitahukan apa yang harus dilakukan. Sedangkan, sifat konseling adalah untuk pemulihan.

Kembali lagi ditegaskan bahwa, seorang coach hanya akan membantu dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang membuat client berpikir. Karena itu, dibutuhkan kemampuan untuk bertanya. Tidak hanya bertanya untuk basa-basi atau untuk memuaskan rasa ingin tahu saja, tetapi memberikan pertanyaan yang baik, benar dan powerful.

“Dengan mengajukan pertanyaan yang benar, kita akan mendapatkan jawaban yang benar,” ungkap Gerna saat menjelaskan pentingnya mengajukan pertanyaan yang benar. Memang tidak mudah untuk dapat memberikan pertanyaan yang powerful, sehingga perlu ada pelatihan untuk para coach dalam hal seni bertanya.

Coaching ini sebenarnya perlu diterapkan di beberapa bidang, seperti pada bisnis perbankan dan di keluarga. Dalam hal perbankan, Jusuf mengatakan bahwa dulu perbankan adalah sebuah seni, sekarang perbankan adalah sebuah ilmu akibat adanya perkembangan teknologi. Bagi seseorang yang sudah lama menekuni bidang perbankan, coaching dibutuhkan agar dapat membuat orang sadar bahwa mereka dapat menggunakan cara lain untuk mencapai keinginan terbaik mereka.

Sedangkan dalam keluarga, coaching diperlukan khususnya bagi para orang tua untuk mendidik anak remajanya. Dengan menerapkan coaching, orang tua dapat menumbuhkan kesadaran anak dalam berbagai hal yang penting. Membuat anak-anak mencoba berpikir apa yang sebaiknya dilakukan, dan bukan karena terpaksa melakukan karena disuruh oleh orang tua.

Hal tersebut idealnya dapat dipraktekan ketika sang anak berumur 10 tahun. Umur di mana sang anak sudah mulai bisa berpikir lebih dalam mengenai nilai-nilai apa yang baik dilakukan.

Dari diskusi mengenai coaching selama kurang lebih satu setengah jam tersebut, dapat disimpulkan bahwa coaching diharapkan dapat membantu orang untuk mencapai tujuan hidupnya. Semua orang perlu coaching, dan semua orang bisa menjadi coach. Sehingga jika kita belajar coaching sekali saja, manfaatnya dapat dirasakan seumur hidup.

Mari dengarkan pembahasan penting lainnya hanya di:

Live - Heartline Coffee Morning

Setiap hari Selasa, pukul 08.00 – 09.30 WIB

Hanya di Radio Heartline 100,6 FM

Live streaming www.heartline.co.id

Apps: Heartline - Karawaci


Artikel Terkait

Mendapatkan Peluang Bisnis dari Segala Situasi

Sekarang ini semakin banyak bisnis startup baru yang bermunculan. Dari e-commerce hingga bisnis makanan kecil sekalipun, seperti cemilan. Pada kesempatan kali ini, program St...

The Heart of Fashion with Handy Hartono

Indonesia memiliki banyak kebudayaan, salah satunya adalah kekayaan akan kain tradisional yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Kain tradisional memiliki nilai seni yang tinggi. Saat ini kai...

Survei Pasar Sebagai Fondasi Berbisnis

Opini masyarakat merupakan suatu hal yang dapat membantu pebisnis dalam memasarkan produk dan jasa mereka. Oleh sebab itu, sebelum memulai sebuah bisnis, sangat perlu untuk melakukan survei pasar t...

Impactful Coaching

Apakah belakangan ini Anda sering mendengar kata coach, yang digunakan untuk menyebut seorang pelatih? Namun,  apa yang sebenarnya dimaksud dengan istilah coaching? Bagaimana...

Ide Bisnis Yang Melawan Mainstream

Menciptakan sebuah bisnis perlu adanya sebuah produk atau jasa yang menjual dan memiliki value. Bisnis yang dibentuk dengan value pasti akan mampu bertahan dalam jangka wangku yan...