Heartline Network

Orang-orang Kaya Ini yang Bikin Rupiah Terpuruk

Jakarta - Bank Indonesia (BI) mengungkapkan terjadi kekeringan pasokan dolar di pasar dalam negeri. Hal ini membuat dolar semakin menguat terhadap rupiah. Apalagi di money changer dimana pasokannya kurang dan menyebabkan dolar semakin tinggi. "Tingginya harga jual dolar terkait pasokan. Di mana permintaan tinggi dan ketersediannya kurang seperti di money changer," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Peter Jacobs kepada detikFinance, Kamis (5/9/2013). Menurut Peter, banyak individu yang justru tidak ingin melepas dolarnya ke pasar atau menukarkannya ke rupiah. "Kalau mau jujur, yang menahan dolar adalah perorangan. Seperti orang tua yang anaknya kuliah di luar negeri atau orang yang membeli apartemen di luar negeri," ungkap Peter lebih jauh. Nilai tukar rupiah bergerak semakin tidak menentu terhadap dolar AS. Penguatan dolar yang berlanjut terus menekan rupiah hingga mendekati level Rp 12.000. Dikutip dari Reuters, Kamis (5/9/2013) dolar dibuka di level Rp 11.390, dan langsung menguat terhadap rupiah hingga posisi tertingginya di Rp 11.520. Dolar di posisi Rp 11.500 ini merupakan tertingginya sejak tiga tahun terakhir. Kurs patokan pedagang valas yang dikeluarkan BI atau Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) hari ini juga menunjukkan penguatan dolar terhadap rupiah. BI mematok kurs Jisdor di Rp 11.125. Kamis, 5 September 2012 | 11:38 WIB Editor: Agus Sunarya


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...