Heartline Network

Muncul Pulau Baru Usai Gempa 7,7 SR di Pakistan!

Islamabad, - Gempa dahsyat yang mengguncang wilayah Pakistan menewaskan ratusan orang. Saking dahsyatnya, gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter (SR) ini menyebabkan dasar laut terangkat ke atas hingga menciptakan sebuah pulau baru! Pulau baru ini terletak sekitar 600 meter dari garis pantai Gwadar, Pakistan. Gempa dahsyat tersebut terjadi pada Selasa, 24 September sekitar pukul 16.29 waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 20 kilometer di bawah tanah di distrik Awaran, provinsi Baluchistan yang berbatasan dengan Iran. "Pulau yang tingginya mencapai 100 kaki (30 meter) dan lebarnya 200 kaki, muncul setelah gempa melanda sebagian Baluchistan," kata Tufail Baluch, pejabat pemerintahan setempat seperti dilansir kantor berita AFP, Rabu (25/9/2013). Dikatakannya, pulau serupa pernah muncul di tempat yang sama di Laut Arab tersebut sekitar 60 tahun yang lampau. Namun pulau tersebut menghilang setelah beberapa waktu. Militer Pakistan saat ini tengah bergegas untuk menjangkau lokasi gempa yang sejauh ini telah menewaskan 208 orang tersebut. "Jumlah korban yang tewas akibat gempa telah mencapai 208 orang saat ini. Yang luka-luka lebih dari 382 orang," kata Asad Gilani, pejabat pemerintah provinsi Baluchistan. Sebelumnya gempa dahsyat juga terjadi di Pakistan pada tahun 2005 di wilayah Kashmir yang menewaskan sekitar 73 ribu orang. Gempa berkekuatan 7,6 SR tersebut juga menyebabkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal. Rabu, 25/09/2013 13:15 WIB Editor:Agus Sunarya


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...