Heartline Network

Perppu Untuk Menyelamatkan MK Masa Ditolak?

Jakarta - Presiden SBY tengah menyiapkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) guna menjadi solusi atas prahara yang menimpa MK. Sejumlah elit MK-pun menolak. Komisi III DPR heran dengan penolakan itu. "Untuk menyelamatkan MK masa kita tolak sih?" kata Ketua Komisi III Gede Pasek Suardika di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (7/10/2013). Pasek menyatakan keputusan SBY sangat tepat. Soalnya MK sedang dalam kondisi genting dan perlu diselamatkan. Meskipun begitu, SBY tak lantas tergesa-gesa membuat Perpu. SBY meminta publik bereaksi dulu. "Beliau juga bijak, lemparkan wacana dulu agar diolah oleh kita. Padahal bisa saja langsung dibuat Perppunya," tutur Pasek yang segera meninggalkan jabatan Ketua Komisi III ini. DPR siap menyambut dan meneruskan Perppu tersebut. "Harus diberlakukan, dan masa sidang depan akan diajukan jadi UU," katanya. Perppu tersebut seperti dikutip dari detikNews, rencananya akan mengatur masalah pengawasan eksternal terhadap MK. Eks Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqqie menolak rencana Presiden SBY mengeluarkan Perppu untuk menyelamatkan MK. Menurut Jimly, perpu itu inkonstitusional. "Itu adalah langkah inkonstitusional dan tidak menyelesaikan masalah," kata Jimly. Senin, 07/10/2013 14:57 WIB


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...