Heartline Network

Ini Makam Sersan Usman dan Kopral Harun di TMP Kalibata

Jakarta - Pemerintah menetapkan Sersan Usman dan Kopral Harun sebagai pahlawan nasional. Keduanya juga dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Ini penampakan makamnya. Posisi makam kedua pahlawan tersebut, seperti dilansir detik, berada di blok D, yang berjarak sekitar 50 meter dari gerbang utama TMP Kalibata. Mereka dikuburkan bersebelahan. Nisan Sersan Usman bertuliskan "Usman bin H.Ali alias Djanatin". Dia lahir 18 Maret 1943 dan meninggal dunia 17 Oktober 1968. Di sisi sebelah kanan, ada nisan Kopral Harun yang bertuliskan "Harun alias Tohir bin Mahdar". Anggota korps Marinir tersebut lahir tanggal 4 April tahun 1947 dan gugur pada tanggal yang bersamaan dengan Usman, 17 Oktober 1968. Kedua makam itu tampak terawat dan bersih. Kendi berwarna cokelat dan helm putih tampak berada di dekat pusara. Batu-batu yang berada di tengah makam juga tertata. Nama Usman dan Harun kembali ramai dibicarakan setelah Singapura mengajukan keprihatinan karena nama mereka akan dijadikan nama sebuah kapal. Namun Indonesia tak akan mengubah keputusan tersebut. Sersan Usman dan Kopral Harun adalah prajurit KKO TNI AL. Keduanya ditangkap pihak Singapura pada 1964 lalu. Usman dan Harun tengah melaksanakan misi Dwikora mencegah pembentukan negara negara yang disebut Soekarno 'boneka Inggris'. Kedua anggota KKO itu melakukan pemboman perkantoran di Singapura. Namun saat melarikan diri, motor boat yang digunakan kabur keduanya mogok, hingga akhirnya ditangkap patroli laut Singapura. Keduanya pada 1968 dihukum gantung di Singapura. Jumat, 07/02/2014 16:20 WIB Editor:Agus Fachry


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...