Heartline Network

Soal Harga BBM, Jokowi Tak Ingin Gegabah

JAKARTA — Presiden terpilih Joko Widodo tak ingin gegabah dalam merencanakan kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Kenaikan harga dijamin tak akan dilakukan sebelum ada perbaikan dan persiapan yang matang. Deputi tim transisi Jokowi-Jusuf Kalla, Hasto Kristiyanto, menjelaskan, pihaknya tengah merancang strategi agar kebijakan pemerintahan selanjutnya dapat berjalan dengan sumber anggaran yang lebih sehat. Jokowi juga ingin menyehatkan fiskal untuk mempercepat proses pembangunan. "Ruang fiskal itu berguna untuk pembangunan, demi mendorong rakyat jadi kekuatan produksi yang kuat, termasuk untuk memastikan rakyat bisa bekerja," kata Hasto, di Kantor Transisi, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (7/8/2014). Terkait hal itu, kata Hasto, saat ini beban utang negara sudah sangat tinggi. Beban tersebut semakin berat karena kebijakan pemerintah memberikan subsidi untuk penggunaan BBM, dan akhirnya menjadi masalah karena dianggap tak tepat sasaran. "Bagi kita, harus ada skala prioritasnya," ucap Hasto. Menyikapi permasalahan tersebut, melalui tim transisi, Jokowi ingin memastikan bahwa beberapa program unggulannya terlaksana secara cepat. Di antaranya adalah program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar. Setelah menjalankan dua program itu, kata Hasto, langkah selanjutnya adalah menggunakan anggaran seefisien mungkin melalui pemangkasan beban lainnya. Hasto mengilustrasikan diperlukannya pembangunan kilang minyak baru dan memberantas mafia perminyakan sambil melakukan terobosan mengonversi BBM ke gas. "Setelah itu dilakukan, barulah ada kebijakan lain seperti menaikkan harga BBM. Ini bertahap supaya efek inflasi tak besar.... Jadi, buat apa subsidi BBM dikurangi, tetapi korupsi jalan terus? Itu tidak adil," katanya. Kamis, 07 Agustus 2014 | 14:24 WIB Sumber : Kompas


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...