Heartline Network

Life is Sacred

Tangerang, Heartline.co.id - Hukuman mati terhadap 6 narapidana kemarin menyisakan kegelisahan nurani sebagian masyarakat. Haruskah hukuman mati? Aliran Pro-Life menyadari nyawa itu asasi dari yang asasi. Kita (negara) tidak diberi daulat untuk mencabut nyawa orang. Sebab Tuhan yang memberi nyawa, dan Tuhan juga yang berhak mengambilnya. “Life is Sacred,” tulis Tim Kaine. Tapi aliran Pro-Death Penalty melihat hukuman mati bisa memberi efek jera yang menggetarkan setiap pelaku kejahatan untuk berpikir ulang melakukan tindak melawan hukum. Hukuman mati sudah ada sejak abad 18 SM, termaktub dalam Kodeks Hamurabi. Namun seiring kesadaran HAM, saat ini hukuman mati sudah ditinggalkan oleh 71% negara di dunia. Hukuman Mati di Indonesia Hukuman mati sebagai pidana pokok di Indonesia adalah produk kolonial penjajahan Belanda, yang dituangkan dalam Wetboek van Strafrecht voor Netherlands-Indie atau Kitab Undang-Undang Hukum Pidana Hindia Belanda, yang diberlakukan di Hindia Belanda pada 1 Januari 1918. KUHP Hindia Belanda kemudian diadopsi masuk ke dalam hukum Indonesia pasca penjajahan, melalui aturan peralihan UUD 1945 dan UU No. 1 tahun 1946 tentang KUHP. Pada masa itu, sifat penghukuman adalah pembalasan. Faham ini berbeda dengan sifat penghukuman pada masa modern saat ini, yaitu memperbaiki sifat dan perilaku seseorang. Belanda saja, negara asal-usul KUHP, sudah mulai meninggalkan hukuman mati pada 17 Februari 1983. Balas Dendam atau Keadilan? Albertus Patty, salah satu teolog dari PGI, dalam diskusi di 100.6 FM #HeartlineCoffeeMorning pagi ini (Senin, 19/1) menuturkan ketidaksetujuannya terhadap eksekusi hukuman mati. “Tuhan yang memberi nyawa dan Tuhan juga yang berkuasa atas nyawa manusia.” Negara memang wakil Tuhan, tetapi bukan Tuhan. Pengadilan belum tentu benar, keputusannya bisa salah. Maka tidak ada kebenaran absolut yang dihasilkan oleh penguasa melalui palu hakim. Ada banyak cara menerapkan asas keadilan, dan ada banyak cara menghukum kesalahan tanpa membunuh orangnya. Desmond Tutu, salah satu rohaniawan menulis, “To take a life when a life has been lost is revenge, not justice.” Mencabut nyawa seseorang itu balas dendam, bukan keadilan. Dalam sudut pandang kekristenan, yang kepercayaannya berakar pada pengampunan, hukuman mati harus ditolak. (JM)


Artikel Terkait

ISIS Klaim Bertanggung Jawab atas Bom Kampung Melayu

Kelompok teror ISIS mengaku bertanggung jawab atas kejadian bom Kampung Melayu, Jakarta Timur, yang terjadi pada Rabu (24/5) malam.

“Pelaksana dari serangan terhadap polisi I...

Nicky Hayden Wafat Setelah Lima Hari Dirawat Pasca Kecelakaan

Mantan juara dunia MotoGP, Nicky Hayden tak dapat diselamatkan lagi nyawanya pasca tertabrak mobil saat bersepeda lima hari lalu di pesisir Italia.

Seperti dilansir dari BBC Sport<...

Konsernya Dibom, Ariana Grande Akhirnya Buka Suara

Konser Ariana Grande menorehkan luka yang mendalam dalam salah satu sejarah musik. Bagaimana tidak, konser pertamanya di Eropa diwarnai dengan aksi ledakan yang diduga terorisme dan bunuh diri...

Jokowi Harap Umat Islam Tak Anggap Amerika sebagai Musuh

Presiden Joko Widodo memberikan pesan khusus kepada umat Islam di dunia saat konferensi "Arab Islamic American Summit”. Dia berharap konferensi yang mempertemukan pimpinan negar...

Mengaum atau Mengembik?

Setiap tanggal 20 Mei, bangsa kita memperingati hari yang bersejarah yakni Hari Kebangkitan Nasional, yang diambil dari peristiwa lahirnya organisasi Boedi Oetomo tahun 1908. Mengapa lahirnya Boedi...