Heartline Network

Presiden Tidak Punya atau Pegang Akun Twitter atau Facebook

Heartline.co.id - Sekretaris Kabinet Andi Widjajanto mengatakan, Presiden Joko Widodo tidak memiliki akun di media sosial, baik Twitter maupun Facebook. Andi menegaskan, kegiatan maupun pernyataan resmi presiden disampaikan melalui situs web Sekretaris Kabinet ataupun Sekretariat Negara. "Presiden tidak memiliki atau memegang akun apa pun, baik itu Twitter atau Facebook. Dari pihak istana menggunakan secara resmi menyalurkan berita kegiatan presiden itu di (website) Setneg/Setkab," ujar Andi di istana kepresidenan, Selasa (27/1/2015) malam. Selain Jokowi, kata Andi, Ibu Negara Iriana juga tak memiliki akun Facebook. Kalaupun ada akun Twitter atau halaman Facebook yang telah diverifikasi atas nama Jokowi, Andi mengatakan bahwa keberadaan akun tersebut dinilai tidak mengganggu. "Tidak ada larangan juga‎, sejauh ini tidak ada pernyataan dari pemilik akun itu bahwa merepresentasikan presiden," kata Andi saat ditanya soal kemungkinan langkah hukum yang diambil pihak istana. Saat ini halaman Facebook yang diverifikasi atas nama Joko Widodo telah mendapat like dari 2.117.973 pengguna Facebook. Dari laman ini, netizen bisa mengakses berbagai kegiatan presiden yang disertai dengan foto-foto yang cukup eksklusif. Di halaman itu pula, seperti dilansir Kompas, Jokowi kerap membuat status dengan menggunakan kutipan kiasan berbahasa Jawa atau kutipan dari novel sastra karya Pramoedya Anantatoer. Saat Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono menyebut bahwa ada upaya pembersihan orang-orang dekatnya di jajaran pemerintahan, akun ini pun membuat klarifikasi seolah-olah pernyataan datang resmi dari Presiden Jokowi. Hingga kini, tak diketahui pasti siapa yang mengelola akun yang telah terverifikasi tersebut. Rabu, 28 Januari 2015 | 11:04 Editor : Agus Fachry


Artikel Terkait

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...

Harga BBM Jadi Murah, Bentuk Realisasi Program BBM Satu Harga

PT. Pertamina (Persero) akan kembali mengoperasikan 4 lembaga penyalur Bahan Bakar Minyak (BBM) pada bulan Juli 2017, sebagai wujud realisasi pelaksanaan program BBM Satu Harga.

Empat lemba...

BNN Gelar Puncak Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional

Badan Narkotika Nasional (BNN) menggelar perhelatan puncak peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI), hari ini (13/7), di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Mengangka...

Uji Kelayakan Simpang Susun Semanggi

Proyek simpang susun Semanggi rencananya akan dioperasikan secara penuh per tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi 30% beban kepadatan lalu lintas di sekitar ruas J...