Heartline Network

PLN Tanggap Kebakaran melalui 1000 Pos Keamanan

Jakarta – Semakin maraknya kebakaran yang ada di Jakarta ditandai dengan data Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta yang menyebutkan frekuensi kebakaran tahun 2015 sebanyak 1414. Melihat hal tersebut, PT PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang (Disjaya) menyelenggarakan Program Bina Lingkungan bertajuk “1000 Pos Keamanan”. Program yang telah dimulai dari bulan September 2015 ini dilaksanakan oleh 23 PLN Area Disjaya yang tersebar di seluruh Jakarta dan Tangerang. PLN Disjaya memberikan bantuan sebesar Rp 800 juta kepada warga untuk biaya renovasi pos keamanan dan pelatihan kepada warga setempat terkait penanggulangan bencana kebakaran. Pos keamanan dapat dijadikan posko penanggulangan bencana termasuk kebakaran di lingkungan warga. Memiliki kepedulian dan rasa tanggung jawab sosial, PLN memberikan pemahaman melalui sosialisasi kepada masyarakat terkait pemakaian listrik yang baik dan benar. Korsleting listrik karena pemasangan instalasi rumah yang tidak standar sering disebut sebagai penyebab kebakaran di rumah-rumah warga. Wewenang PLN untuk mengalirkan listrik ke rumah pelanggan hanya sampai pada kWh meter, selanjutnya instalasi dalam rumah merupakan kewajiban pelanggan. Oleh karena itu, perlu kesadaran tinggi dari masyarakat untuk benar-benar memperhatikan kondisi instalasi listrik di rumahnya. Selain itu PLN juga mengingatkan kembali akan bahaya pemakaian listrik illegal. Selain dapat menyebabkan kebakaran, hal tersebut dapat membahayakan keselamatan warga itu sendiri. Acara puncak program 1000 Pos Keamanan ini ialah pelaksanaan seremonial pengumuman pemenang dari pelaksanaan 1000 Pos Keamanan yang telah dicanangkan padaRabu (30/12) di Pos Keamanan Pamulang Jl. Benda Timur 12 Blok E60 RT 002/ RW 12, Benda Baru Pamulang, Tangerang Selatan. Acara ini dibuka oleh Pejabat Pemerintah Tangerang Selatan, Ibu Walikota Tanggerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diani, lalu manajemen PT PLN (Persero) , Deputy Manager Bina Lingkungan dan Komunikasi Disjaya, Mambang Hertadi, serta perwakilan PLN Area Disjaya, dan masyarakat setempat. Guna dari acara ini ialah untuk memberikan reward kepada masyarakat yang turut berpartisipasi dalam merenovasi pos keamanannya serta dapat merubah perilaku untuk lebih tertib dalam penggunaan listrik yang tentunya hal ini dapat terlihat dari penurunan tunggakan, berkurangnya cantolan liar, dan paham dengan Listrik Pintar. (Manajer Komunikasi, Hukum, dan Administrasi Kantor PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya, Aries Dwianto)


Artikel Terkait

Ada Apa Dengan Cinta?

Bertepatan dengan momen hari kasih sayang atau yang lebih populer dikenal dengan sebutan valentine’s day, Heartline Radio Tangerang kembali mengadakan program siaran Heartline Co...

Prakiraan Cuaca Ibukota dan Sekitarnya

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa, dalam dua hari ke depan hingga Rabu (15/02/17), ibukota dan sekitarnya akan diguyur hujan berpotensi sedang hingga lebat...

The Rise Of Servant Leadership

Di segala lini kehidupan, manusia dituntut untuk melayani. Baik secara profesional maupun dalam keseharian, manusia akan ikut serta dalam perannya untuk melayani ataupun dilayani.

Dalam ran...

Siap Merayakan Imlek??? Yuk Intip Makna Pernak-Pernik Khas Imlek?

Masyarakat keturunan Tionghoa sedang bersiap menyambut perayaan tahun baru Imlek. Di Indonesia sendiri, tahun baru Imlek 2568 jatuh pada hari Sabtu tanggal 28 Januari 2017. Perayaan tahun baru Imle...

AKHIRNYA TERUNGKAP! Inilah Rahasia Bisnis Orang Tionghoa

Etnis Tionghoa adalah contoh bangsa pendatang yang sukses di Indonesia. Sejarah mencatat bahwa etnis Tionghoa banyak mendominasi berbagai sektor penting di negara ini, diantaranya: pemerintahan, pe...