Heartline Network

FRI Reuni di Lampung

Provinsi Lampung berada dekat dengan Gunung Krakatau dan merupakan daerah rawan bencana. First Response Indonesia, yang dimotori oleh Radio Heartline Network, sejak beberapa tahun lalu telah membuat tim di provinsi ini, berpartner dengan local host Heartline Radio Lampung, 91.7 FM. Untuk menyegarkan dan menambah wawasan serta teknik bersiaran di waktu bencana, FRI membuat reunion training, yang ternyata tak hanya dihadiri oleh para peserta training sebelumnya, tetapi banyak juga para peserta baru yang ingin mengetahui lebih jauh tentang First Response Indonesia. Reunion Training ini dihadiri oleh 20-an peserta, dan acara diadakan di Radio Angkasa Biru, 88.9 FM, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur. Acara dibuka oleh Aristarkus, trainer FRI yang sekaligus pimpinan Radio Heartline Lampung 91.7 FM. Aristarkus mengatakan, “Radio seharusnya tak hanya bermain di hiburan, tetapi bisa menjadi bermanfaat dengan masyarakat, yakni melibatkan diri dengan masalah-masalah yang ada di tengah mereka.” 

Kemudian dilanjutkan dengan sharing testimoni dari Jefri Kusnanto, Trainer FRI, yang menceritakan tentang pengalamannya ketika FRI merespon bencana di Padang dan Takengon. Sementara Aristarkus menceritakan pengalamannya ketika FRI merespon bencana erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur. “Saya kalau sudah pergi merespon bencana, saya berdoa menitipkan keluarga saya kepada Allah. Maka saya akan melakukan tugas kemanusiaan ini dengan tenang.” Ujar Jefri.  Jose-Yusuf Marwoto, selaku Direktur First Response Indonesia, memberikan pemaparan tentang strategic activity yang dilakukan FRI selama ini dalam konteks Indonesia di tengah ring of fire. Banyak yang antusias dan tertarik bertanya seputar topik yang diangkat, sehingga suasana diskusi menjadi seru dan menarik. Di sesi akhir, peserta belajar bagaimana membuat interview dan mengenal penggunaan alat-alat FRI. 

First Response Indonesia (www.firstresponseindonesia.com) adalah sebuah organisasi tanggap bencana yang berfokus pada informasi penting melalui radio darurat bencana yang didistribusikan kepada masyarakat korban bencana. Informasi adalah bantuan (information is aid), demikian salah satu gagasan yang diusung oleh First Response Indonesia. 


Artikel Terkait

Ada 2,3 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Puncak arus mudik untuk perayaan Hari Raya Idul Fitri 1438H sudah dimulai sejak tadi malam, Kamis (23/6). Data di Kementerian Perhubungan mencatat jumlah kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek per...

Kemenkes Siagakan Ambulans 24 Jam di Jalur Mudik

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyediakan fasilitas layanan kesehatan di sejumlah titik jalur mudik selama arus mudik dan arus balik lebaran 2017.

Fasilitas layanan kesehatan itu di...

Kesalehan Sosial

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk, bangsa yang terbentuk dari segala keberagaman warga negaranya. Lalu apakah dengan segala keanekaragaman ini, justru menghilangkan keunikan Indonesia itu...

Belasan WNI Terjebak Konflik Marawi Dipulangkan Besok

Kementerian Luar Negeri menyatakan Konsulat Jenderal RI di Kota Davao, Filipina, akan memulangkan 17 warga Indonesia yang sempat terjebak konflik di Marawi, besok.

Konflik yang melibat...

Presiden Teken Pembentukan Badan Pemantapan Pancasila

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan, pembentukan lembaga atau badan pemantapan Pancasila yang sempat digagas pada awal tahun ini sudah ditandatangani Presiden...