Heartline Network

FRI Reuni di Lampung

Provinsi Lampung berada dekat dengan Gunung Krakatau dan merupakan daerah rawan bencana. First Response Indonesia, yang dimotori oleh Radio Heartline Network, sejak beberapa tahun lalu telah membuat tim di provinsi ini, berpartner dengan local host Heartline Radio Lampung, 91.7 FM. Untuk menyegarkan dan menambah wawasan serta teknik bersiaran di waktu bencana, FRI membuat reunion training, yang ternyata tak hanya dihadiri oleh para peserta training sebelumnya, tetapi banyak juga para peserta baru yang ingin mengetahui lebih jauh tentang First Response Indonesia. Reunion Training ini dihadiri oleh 20-an peserta, dan acara diadakan di Radio Angkasa Biru, 88.9 FM, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur. Acara dibuka oleh Aristarkus, trainer FRI yang sekaligus pimpinan Radio Heartline Lampung 91.7 FM. Aristarkus mengatakan, “Radio seharusnya tak hanya bermain di hiburan, tetapi bisa menjadi bermanfaat dengan masyarakat, yakni melibatkan diri dengan masalah-masalah yang ada di tengah mereka.” 

Kemudian dilanjutkan dengan sharing testimoni dari Jefri Kusnanto, Trainer FRI, yang menceritakan tentang pengalamannya ketika FRI merespon bencana di Padang dan Takengon. Sementara Aristarkus menceritakan pengalamannya ketika FRI merespon bencana erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur. “Saya kalau sudah pergi merespon bencana, saya berdoa menitipkan keluarga saya kepada Allah. Maka saya akan melakukan tugas kemanusiaan ini dengan tenang.” Ujar Jefri.  Jose-Yusuf Marwoto, selaku Direktur First Response Indonesia, memberikan pemaparan tentang strategic activity yang dilakukan FRI selama ini dalam konteks Indonesia di tengah ring of fire. Banyak yang antusias dan tertarik bertanya seputar topik yang diangkat, sehingga suasana diskusi menjadi seru dan menarik. Di sesi akhir, peserta belajar bagaimana membuat interview dan mengenal penggunaan alat-alat FRI. 

First Response Indonesia (www.firstresponseindonesia.com) adalah sebuah organisasi tanggap bencana yang berfokus pada informasi penting melalui radio darurat bencana yang didistribusikan kepada masyarakat korban bencana. Informasi adalah bantuan (information is aid), demikian salah satu gagasan yang diusung oleh First Response Indonesia. 


Artikel Terkait

Presiden Jokowi dan Wapres JK Kompak Kenakan Pakaian Adat Saat Sidang Tahunan MPR

Ada penampilan yang unik dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, pada sidang tahunan MPR. Pasalnya, kedua figur pemimpin negara Indonesia ini, kompak menge...

Ironi Kelangkaan Garam Nasional

Terjadi kelangkaan pasokan garam di sejumlah pelosok tanah air. Salah satu penyebabnya dinilai karena anomali cuaca yang buruk akibat tingginya curah hujan, padahal seharusnya Indonesia sudah masuk...

Otoritas Keamanan Australia Sukses Gagalkan Teror Bom Pesawat

Otoritas keamanan Australia telah suskes menggagalkan rencana teror untuk meledakan sebuah pesawat komersial dengan menggunakan bom rakitan dan gas beracun. Bom tersebut diketahui telah dirakit men...

Waduh, Utang Pemerintah RI Naik Lagi!

Utang pemerintah Indonesia per akhir Juni 2017 tercatat mencapai Rp 3.706,53 triliun. Jika dibandingkan pada bulan Mei 2017, angka ini terbilang naik 34,19 triliun.

Sebagian besar utang pem...

E-mail Presiden Jokowi Dicatut

Tindak kriminalistas nampaknya tak pernah absen di dunia. Tidak pandang bulu, tindak kriminalitas dapat memburu dan menimpa siapa saja.

Kali ini bahkan Presiden Republik Indonesia Joko Wido...