Heartline Network

FRI Reuni di Lampung

Provinsi Lampung berada dekat dengan Gunung Krakatau dan merupakan daerah rawan bencana. First Response Indonesia, yang dimotori oleh Radio Heartline Network, sejak beberapa tahun lalu telah membuat tim di provinsi ini, berpartner dengan local host Heartline Radio Lampung, 91.7 FM. Untuk menyegarkan dan menambah wawasan serta teknik bersiaran di waktu bencana, FRI membuat reunion training, yang ternyata tak hanya dihadiri oleh para peserta training sebelumnya, tetapi banyak juga para peserta baru yang ingin mengetahui lebih jauh tentang First Response Indonesia. Reunion Training ini dihadiri oleh 20-an peserta, dan acara diadakan di Radio Angkasa Biru, 88.9 FM, Kecamatan Purbolinggo, Lampung Timur. Acara dibuka oleh Aristarkus, trainer FRI yang sekaligus pimpinan Radio Heartline Lampung 91.7 FM. Aristarkus mengatakan, “Radio seharusnya tak hanya bermain di hiburan, tetapi bisa menjadi bermanfaat dengan masyarakat, yakni melibatkan diri dengan masalah-masalah yang ada di tengah mereka.” 

Kemudian dilanjutkan dengan sharing testimoni dari Jefri Kusnanto, Trainer FRI, yang menceritakan tentang pengalamannya ketika FRI merespon bencana di Padang dan Takengon. Sementara Aristarkus menceritakan pengalamannya ketika FRI merespon bencana erupsi Gunung Kelud, Jawa Timur. “Saya kalau sudah pergi merespon bencana, saya berdoa menitipkan keluarga saya kepada Allah. Maka saya akan melakukan tugas kemanusiaan ini dengan tenang.” Ujar Jefri.  Jose-Yusuf Marwoto, selaku Direktur First Response Indonesia, memberikan pemaparan tentang strategic activity yang dilakukan FRI selama ini dalam konteks Indonesia di tengah ring of fire. Banyak yang antusias dan tertarik bertanya seputar topik yang diangkat, sehingga suasana diskusi menjadi seru dan menarik. Di sesi akhir, peserta belajar bagaimana membuat interview dan mengenal penggunaan alat-alat FRI. 

First Response Indonesia (www.firstresponseindonesia.com) adalah sebuah organisasi tanggap bencana yang berfokus pada informasi penting melalui radio darurat bencana yang didistribusikan kepada masyarakat korban bencana. Informasi adalah bantuan (information is aid), demikian salah satu gagasan yang diusung oleh First Response Indonesia. 


Artikel Terkait

Melawan Informasi Hoax, Intoleransi & Radikalisme di Dunia Maya

Maraknya sosial media, seakan menjadi corong aspirasi masyarakat saat ini. Namun seakan, kebebasan berpendapat tersebut kelewat kebablasan. Pasalnya banyak yang menggunakan media sosial hanya untuk...

Selamat Datang Gubernur Baru DKI Jakarta!

Masyarakat DKI Jakarta telah menyalurkan suaranya dalam pilkada Rabu kemarin (19/04/17). Sejumlah upaya masyarakat dikerahkan, guna untuk menggunakan hak pilih tersebut. Kini saatnya menerima hasil...

The Power of Women

Sejuta definisi nampaknya kurang untuk menggambarkan sosok wanita. Ciptaan Yang Maha Kuasa ini begitu unik, konon karena ia dijadikan dari tulang rusuk sang Adam.

Oleh sebab itulah, tidakla...

Mendagri: Pemilihan Suara Pilkada DKI Akan Berlangsung Aman

Masyarakat ibu kota bersiap menyambut pesta demokrasi pemilihan kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta dengan periode masa jabatan 2017-2022, pada lusa, Rabu (19/04/17). Kandidat calon gubernur (cagub...

Taiwan Resmi Larang Sembelih Anjing Dan Kucing

Parlemen pemerintahan Taiwan secara resmi telah menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) yang menyatakan larangan penyembelihan kucing dan anjing untuk dikonsumsi manusia.

Dilansir dari lam...